JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta - Tidak kalah dengan Palembang, Jakarta memiliki pula duku khas Jakarta. Duku Condet. Ya, duku condet adalah duku khas Jakarta yang banyak ditemukan di daerah Condet, Jakarta Timur. Maka, tak pelak lagi duku condet ini menjadi salah satu kekayaan keragaan sumberdaya genetik tanaman di Jakarta.

Selasa (20/02), Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Ir. Darjamuni, MM, beserta jajarannya melakukan panen duku condet. Kegiatan panen tersebut turut pula dihadiri oleh Tim Sumberdaya Genetik Bptp Dkijakarta.

Tanaman duku condet yang dipanen ini terdapat di Cagar Buah Condet, Jakarta Timur. Cagar buah yang memiliki luas sekitar 3,5 ha ini, mempunyai hampir 100 pohon tanaman duku.

Tidak hanya duku, dalam cagar buah tersebut terdapat pula tanaman buah khas Jakarta lainnya seperti salak condet yang berjumlah ratusan pula. Namun selain salak, terdapat pula tanaman lainnya seperti pucung, aren, dan berbagai tanaman lainnya.

Salah satu Petugas Harian Lepas Cagar Buah Condet, Pak Asmawi, menjelaskan bahwa tanaman-tanaman duku yang terdapat di Cagar Buah Condet terbilang baik. Tidak ditemukan serangan hama ataupun penyakit yang berarti. Hanya saja, serangan kelelawar saat malam hari cukup mengurangi jumlah buah duku yang akan dipanen. Hal ini dikarenakan jumlah kelelawar tersebut mencapai angka yang cukup fantastis, yaitu hampir mendekati angka 100.

Bersamaan dengan panen duku tersebut, Tim Sumberdaya Genetik BPTP Jakarta langsung melakukan karakterisasi tanaman dan buah duku condet yang terdiri dari beberapa varian tersebut. Hasil karakterisasi ini nantinya untuk didaftarkan sebagai salah satu varietas buah lokal khas Jakarta ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian.

Semoga tanaman duku condet khas Jakarta ini dapat terus lestari dan dibudidayakan di wilayah lainnya.