JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bogor (20/02/2018), Dalam rangka meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan profesi onalisme penyuluh pertanian yang berada di lingkup Balitbangtan, maka BBP2TP menyelenggarakan Workshop Peningkatan Penyuluh dan Diseminasi Inovasi Pertanian. Acara ini dibuka oleh Kepala Balitbangtan (Dr. Ir. Muhammad Syakir, MS) dan dihadiri oleh Kabid KSPHP, penyuluh BBP2TP dan perwakilan penyuluh dari 33 BPTP yang tersebar di seluruh wilayah ndonesia. Dalam arahannya, Kepala Balitbangtan menyampaikan bahwa Badan Litbang Pertanian bukan hanya penghasil inovasi teknologi pertanian, akan tetapi juga berperan dalam mengimplementasikan inovasi teknologi di masyarakat. Merupakan koridor dari penyuluh di BPTP untuk mengintroduksikan dan mengaplikasikan inovasi teknologi di tingkat petani. Oleh karena itu antara peneliti dan penyuluh di BPTP harus selalu bersinergi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehingga kinerja diseminasi inovasi pertanian semakin meningkat.

Agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang “Arah Kebijakan Penyuluhan Pertanian Mendukung Swasembada Pangan” yang disampaikan oleh Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian. Dalam arahannya disampaikan bahwa sesuai dengan UU No. 16 tahun 2006, peran strategis Penyuluh Pertanian meliputi a) membantu menganalisis dan memecahkan masalah serta merespon peluang dan tantangan yang dihadapi petani dalam mengolah data, b) memfasilitasi proses pembelajaran petani, c) membantu petani dalam menumbuhkembangkan kelembagaan agar berdaya saing dan produktif, d) peningkatkan kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan petani, e) mengupayakan akses petani ke sumber informasi teknologi dan sumber daya lainnya, f) pengawalan dan pendampingan petani dalam meningkatkan produksi dan produktivitas.

Selain diatas kegiatan workshop ini juga dilengkapi dengan materi “Sistem Karier dan Kompetensi Penyuluh” yang disampaikan oleh Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, materi tentang “Strategi dan Rencana Aksi Peningkatan Kapasitas Penyuluh” disampaikan oleh Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian dan materi tentang “Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Penyuluh dan Diseminasi Inovasi Pertanian” disampaikan oleh penanggungjawab kegiatan Peningkatan Komunikasi, Koordinasi dan Diseminasi Inovasi Pertanian.