JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta – Budidaya melon hidroponik merupakan teknik menanam  tanpa menggunakan media tanah.  Menanam melon secara hidroponik jauh lebih  mudah  dan  aman,  dibandingkan dengan menanam menggunakan media tanah. Hal  ini disebabkan  pemeliharaan  dan  perawatannya lebih mudah.  

Di  perkotaan,  media tanah sulit didapatkan serta  kondisi  lahan yang sangat  terbatas, sehingga  budidaya  melon hidroponik bisa menjadi  pilihan.  Tanaman melon hidroponik juga lebih indah dan eksotis,  selain dimanfaatkan buahnya  untuk  dikonsumsi juga berfungsi sebagai tanaman hias.   Melon hidroponik bisa ditanam menggunakan sistem wick/sistem sumbu  atau Fertigasi System.  Dengan  hidroponik  penyiraman dilakukan sekaligus dengan pemberian nutrisi secara otomatis. Menanam  melon  hidroponik  sangat  cocok bagi  masyarakat  perkotaan yang sibuk dan hanya punya sedikit waktu untuk berkebun.

Syarat agar tanaman melon hidroponik dapat tumbuh dan berbuah optimal, antara lain   melon membutuhkan sinar matahari  minimal 6 jam dalam satu hari.  pH ideal media tanam melon hidroponik antara 6.0 – 7.0 dengan kepekatan nutrisi hingga 2000 ppm. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang sesuai digunakan nutrisi AB Mix khusus untuk melon. Tanaman melon tidak akan tumbuh dan berproduksi dengan baik tanpa sinar matahari.  Selain nutrisi, tanaman melon hidroponik juga memerlukan pemeliharaan antara lain sebagai berikut ; 1). Memasang ajir/lanjaran/tali penyangga batang melon, 2). Mengecek pH larutan nutrisi dan media tanam secara berkala,  dan usahakan pH tetap stabil 3). Pemangkasan daun yang tua dan terserang penyakit. 4). Melakukan seleksi buah, buang bakal buah yang kurang bagus dan menyisakan 2 buah yang dipelihara dalam 1 pohon ( biasanya  pada  ruas  batang  melon  ke 9)  5). Pengendalian hama dan penyakit tanaman melon.  

Panen  buah  melon,  dapat dilakukan  saat  tanaman  berumur  kurang  lebih 70 hst.    Hasil panen melon yang  telah dilakukan, buah yang  paling berat  adalah 3.5 kg, sedangkan  untuk ukuran sedang  diperoleh  2.5 kg. 5,7 ons.   Yuk bertanam melon yuk, rasanya  manis lho...