JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bogor – Untuk mempercepat penyampaian informasi teknologi pertanian, perlu dilakukan perubahan paradigma diseminasi dari yang bersifat konvensional ke yang lebih maju dengan memanfaatkan berbagai saluran atau media. Salah satu cara untuk mepercepat penyampaian informasi teknologi pertanian yang disesuaikan dengan perkembangan IPTEK adalah melalui media elektronik online atau website.

Website merupakan salah satu sarana diseminasi inovasi teknologi Balitbangtan. Sesuai dengan tugas dan fungsinya, BPTP merupakan miniatur Balitbangtan untuk melakukan uji adaptasi dan kajian teknologi spesifik lokasi serta menyebarluaskan hasil kajiannya. Oleh karena itu, website harus dikelola dengan baik agar inovasi teknologi yang dikembangkan Balitbangtan dapat segera diadopsi oleh masyarakat.

Website merupakan sarana pembelajaran bagi masyarakat dan sarana dari masyarakat untuk memberikan masukan, kritik, dan usulan, agar inovasi teknologi yang dirancang Balitbangtan berdaya guna dan sesuai harapan masyarakat serta sesuai dengan potensi wilayah yang bersangkutan. Selain itu, website juga merupakan sarana komunikasi yang efektif bagi BPTP dengan para pemangku kepentingan, terutama Pemerintah Daerah dalam mengembangkan inovasi teknologi yang sesuai dan membangun pertanian sesuai potensi wilayahnya.

Untuk itu, website BPTP Jakarta secara konsisten terus melakukan penderasan informasi inovasi teknologi, agar berbagai inovasi teknologi yang sudah dihasilkan dapat diketahui secara luas oleh masyarakat maupun pemangku kepentingan. Berdasarkan data yang tercantum dalam situs statistik http://jakarta.litbang.pertanian.go.id/awstats, pengunjung website BPTP Jakarta selama tahun 2017, telah dikunjungi oleh sebanyak 104.644 pengunjung dengan laman yang dilihat sebanyak 224.169 kali. Pengunjung website BPTP Jakarta pun tidak terbatas dari negara Indonesia saja, tetapi juga dari Amerika, Inggris, Jepang, Rusia, Cina, Perancis, dll. Sedangkan artikel yang diunduh dari website ini selama tahun 2017 sebanyak 63.741 kali dari 185 judul artikel. Hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa pemanfaatan website sebagai sarana penderasan informasi inovasi teknologi sangat efektif.

Hasil dari penderasan informasi inovasi teknologi yang telah dilakukan di website BPTP Jakarta pun cukup membuahkan hasil. Website BPTP Jakarta dinobatkan sebagai Juara 1 Kategori B Lingkup Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Penobatan ini diumumkan saat Raker Balitbangtan di Bogor pada 17/01. Prestasi ini merupakan salah satu cambuk sekaligus semangat untuk terus memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat terutama yang terkait dengan penyebaran informasi inovasi teknologi pertanian.