JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta – Kelompok Tani Maju, merupakan satu diantara sembilan kelompok tani padi yang berada di wilayah Jakarta Utara. Tercatat, luasan sawah yang dikelola oleh poktan ini sekitar 78 Ha, dan sebagian besar sudah panen. Sebut saja Bu Saodah, yang hari ini (29/12/2017) sedang panen di sawah yang telah digarapnya selama bertahun-tahun. Bu Saodah adalah salah satu anggota kelompok Tani Maju yang menggarap sawah dengan luasan sekitar 3 Ha. Adapun produksi yang diperolehnya pun bervariasi antara 6-7 ton/ha. Akan tetapi pada musim panen kali ini, diperkirakan hanya memperoleh 4-5 ton/ha, dikarenakan adanya serangan hama dan penyakit. Varietas yang ditanam kali ini adalah IR 42, dan dalam rangka pergiliran varietas, musim tanam yang sebelumnya Bu Saodah pun telah mencoba menanam Inpari 32.

Sudah 10 tahun lamanya, Bu Saodah menggantungkan hidupnya pada hasil bulir-bulir padi yang menguning dan musim panen adalah saat yang sangat dinanti-nantikannya. Ya, seperti saat inilah Bu Saodah dengan penuh harap, hasil panennya dapat mencukupi segala kebutuhan hidup keluarganya. Harga GKP yang diterima BU Saodah saat ini berkisar Rp. 450.000,- per kwintal, itupun pembayarannya harus menunggu 10 hari ke depan, karena menunggu waktu penggilingan.

Swasembada pangan, khususnya beras merupakan salah satu prestasi yang memang patut diapresiasi, dan semoga pula diikuti peningkatan kesejahteraan petaninya. Satu harapan yang semoga tidak terlewatkan di penghujung tahun ini adalah naiknya harga gabah di tingkat petani. Salam….