JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta -- Demi memenuhi kebutuhan pangan, khususnya sayuran, bagi warga sekitarnya terutama di kala pandemi, Jakarta, ibukota negara tidak mau kalah dengan kota-kota lainnya untuk tetap eksis di dunia pertanian. Pada kesempatan ini, Kamis, 25 November 2021, Tim BPTP Jakarta mengunjungi salah satu Gang Hijau yang eksis di Jakarta Pusat dan disambut baik oleh Bapak Hari, selaku Ketua Kelompok Tani Batik Kel. Petojo Utara, Kec. Gambir, dengan didampingi oleh Bapak Burhani selaku Koordinator Penyuluh Wilayah Jakarta Pusat bersama jajarannya.
 
Menurut Burhani Jakarta Pusat tidak memiliki lahan permanen untuk bisa ditanami, sehingga mengikuti program dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Jakarta untuk memanfaatkan beberapa gang yang ada.
 
Sementara itu, Hari menyampaikan bahwa teknologi pertanian dari BPTP Jakarta yang hingga saat ini masih dimanfaatkan dan menghasilkan sayuran untuk kebutuhan warga adalah vertiminaponik dan aquaponik. Hal lainnya adalah olahan smoothies dari pakcoy menjadi menu favorit di kala ada acara-acara. Tak lupa disaat cabai merah panen, petani sudah mampu mengolahnya menjadi bon cabai yang lezat dan menjadi rebutan para pemesan. Ke depan diharapkan agar Poktan Batik mendapatkan pelatihan tentang perbenihan dan pembuatan bahan substitusi untuk nutrisi tanaman hidroponik. (IJ)