JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta, (25/11/21) -- Bu Esti, Ketua KWT Mawar, Kelurahan Kebun Kosong, Kecamatan Kemayoran, Kota Jakarta Pusat sangat mengapresiasi kunjungan Tim BPTP Jakarta, beliau rindu akan transfer teknologi yang dulu pernah disampaikan kepada KWT Mawar. Bu Esti menyampaikan bahwa pada tahun 2013-2015 BPTP Jakarta sangat aktif dalam mendiseminasikan teknologi-teknologinya seperti aquaponik dan budidaya bawang merah. 
 
Namun seiring berjalannya waktu seperti halnya tanaman harus senantiasa dipupuk, begitupun silaturahmi dengan kooperator. Beberapa teknologi memerlukan penyempurnaan inovasi berdasarkan kebutuhan di lapangan.
 
Aquaponik setelah digunakan selama 4 tahun ternyata mengalami korosi pada bagian rangka besinya, hal ini disebabkan air yang ada di sekitar lokasi bersifat salin sehingga membuat besi menjadi keropos. Rencananya akan dimodifikasi bagian rangkanya sehingga berbahan paralon atau bahan lain selain metal. Aquaponik ini dinilai praktis karena minim pemeliharaan namun tanaman tetap tumbuh dengan baik. 
 
Bawang merah yang dibudidayakan di KWT Mawar hasil pendampinan BPTP Jakarta pun setelah ditanam 6 siklus tanam. Siklus tanam yang cukup lama ini mengalami penurunan produksi, sehingga para anggota KWT sepakat untuk menghentikan penanaman. Regenerasi benih diperlukan untuk mengembalikan produktivitas menjadi maksimal. 
 
Joko Sarjono sebagai Penanggung Jawab Kebun menyampaikan areal kebun seluas 2.890 m2 saat ini sedang aktif memproduksi pupuk organik melalui program bank sampah. Ke depan KWT Mawar diharapkan dapat memproduksi pupuk organik yang digunakan secara luas. 
 
Tenaga para anggota KWT Mawar yang terbatas ini merupakan salah satu tantangan bagi BPTP Jakarta untuk mendiseminasikan teknik budidaya yang minim perawatan namun tetap berproduksi dengan baik, tentunya hal ini bisa diraih dengan sentuhan teknologi. 
 
Melalui program Jakpreneur Ibu-Ibu KWT Mawar juga memproduksi minuman berbahan dasar alami dengan merek “Kaini”. Semangat para ibu-ibu di sini mengalahkan semangat para pemuda, sukses terus KWT Mawar. (FIN)