JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta, (22/11/2021), Tim BPTP Jakarta mengunjungi Kelompok Tani Maju yang berlokasi di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Kota Jakarta Utara. Pada Kesempatan ini Tim BPTP Jakarta bertemu dengan perwakilan dari Poktan Tani Maju, yaitu Sirojuddin Abbas dan Darkana yang mengusahakan tanaman padi.
 
Abbas dan Darkana sampai saat ini masih menanam Varietas Unggul Padi Inpari 32. Menurutnya, Inpari 32 ini tanamannya tidak terlalu tinggi dan pengisian bijinya penuh sehingga bobot hasilnya lebih tinggi dan menguntungkan petani. 
 
Selain varietas, teknologi pemupukan berimbang dan ramah lingkungan juga diterapkan di sini, penggunaan pupuknya cenderung tidak berlebihan yaitu kurang dari 100 kg per ha untuk masing-masing pupuk anorganik namun tetap menghasilkan produktivitas yang tinggi. Hasil panen periode lalu mencapai 8 ton/ha, nilai ini lebih tinggi dari pada produktivitas rata-rata nasional 5,9 ton/ha. Abbas menyampaikan bahwa tanah di Jakarta merupakan tanah yang subur, sehingga sangat potensial untuk menghasilkan padi dengan produktivitas yang tinggi. 
 
Harapan Abbas, dapat ditemukan varietas dan teknologi terbaru yang menghasilkan umur panen lebih cepat, produktivitas tinggi, serta tahan terhadap serangan OPT. Teknologi ini tentunya selain meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil panen juga dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Petani yang sejahtera merupakan kunci keberlanjutan dari pemanfaatan teknologi yang didiseminasikan. (FIN)