JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- (17/11/2021),  Dalam rangka mendorong pendaftaran varietas lokal serta pendaftaran varietas hortikultura Provinsi DKI Jakarta, Tim Sumber Daya Genetik (SDG) BPTP Jakarta mengadakan sosialisasi dan pelatihan pendaftaran serta pelepasan varietas. Materi sosialisasi dan pelatihan disampaikan oleh Ir. M Asril, MM dan Alidin, SP dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kemeterian Pertanian. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 29 orang yang terdiri dari perwakilan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Sudin KPKP se-DKI Jakarta, Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian (PPSHP), serta peneliti dan penyuluh BPTP Jakarta.

Kepala BPTP Jakarta, Dr. Nurhayati, SP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak tahun 2017-2019 BPTP Jakarta bersama Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta telah mendaftarkan 15 varietas lokal dan pada tahun 2021 akan mengajukan 12 varietas lokal dengan 3 varietas diantaranya dari Kepulauan Seribu. Selanjutnya direcanakan juga pendaftaran varietas hortikultura Duku Condet tentunya dengan persiapan yang lebih matang. Perwakilan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Sri Harini, SP, memberikan apresiasi kepada kita semua yang terlibat dalam proses kegiatan menginventarisir hingga mendaftarkan varietas lokal DKI Jakarta selama ini. Harapannya BPTP Jakarta, PPVTPP, dan Dinas KPKP DKI Jakarta dapat terus bersinergi mendorong terdaftarnya varietas hingga pelepasan varietas tersebut kelak.

Dr. M Lutful Hakim, SP, M.Si, koordinator Pendaftaran Varietas Tanaman PPVTPP Kementerian Pertanian menyampaikan bahwa varietas lokal di Indonesia sangat banyak dan beragam yang masih belum terdaftar, termasuk di Provinsi DKI Jakarta. Dalam kesempatan ini juga Lutful menyampaikan sosialisasi tentang proses dan regulasi terkait dengan pelepasan varietas unggul lokal untuk dijadikan varietas unggul nasional. Tim SDG BPTP Jakarta beserta Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta akan mengawal pendaftaran varietas lokal yang siap untuk didaftarkan dan juga untuk melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu pelepasan varietas lokal yang sudah terdaftar di PPVTPP untuk menjadi varietas unggul nasional.

Semoga kelak harapan ini dapat terwujud… (YS)