JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta, (12/10/2021), telah dilakukan pengenalan varietas unggul baru Padi Cakrabuana Agritan dan penyerahan benih VUB Cakrabuana kepada ketua kelompok tani maju bapak Sirajuddin Abbas di Kelurahan Rorotan, Jakarta Utara. Selain benih juga dilakukan Serah terima pupuk hayati agrimeth dan pestisida nabati bioprotector. Serah terima  dihadiri oleh Kasatlak KPKP kecamatan Cilincing, POPT Jakarta Utara , Koordinator BPP Sukapura , ketua dan anggota KTNA Jakarta Utara.
 
Varietas cakrabuana merupakan hasil iradiasi sinar gamma Co60 dosis 0,1 kGy terhadap varietas inpari 13 yang memiliki keunggulan umurnya yang genjah, 104 hari setelah semai dan memiliki potensi hasil 10,2 ton/ha. Selain itu varietas ini juga memiliki ketahanan terhadap wereng batang coklat biotipe 1,2 dan 3. Agak tahan terhadap penyakit HDB strain dan Tahan penyakit blas ras 033 dan 173. Agak tahan penyakit tungro inoculum Purwakarta. 
 
Penggunaan varietas ini diharapkan dapat mengoptimalkan produksi padi di tengah minim nya ketersediaan lahan sawah di Jakarta (CRY)