JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta, Kamis, 9 September 2021 telah dilaksanakan diskusi virtual dalam rangka penyusunan buku Memoar Pejuang Teknologi BPTP yang diprakarsai oleh Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Bogor.

Hadir dalam acara, Sub Koordinator KSPHP sekaligus mewakili Kepala BBP2TP, Dr. Sigit Handoko, SP., M.Si., yang menyampaikan pentingnya buku memoar pejuang teknologi BPTP, termasuk BPTP Jakarta. Sehingga, perlu diskusi bersama antara petani, BPTP Jakarta, dan Suku Dinas KPKP setempat. Kepala BPTP Jakarta yang diwakili oleh Sub Koordinator KSPP, Dra. Dyah Pitaloka, M.Si, Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Ir. Devi Lidia, M.Si. beserta jajarannya, Peneliti dan Penyuluh BPTP Jakarta, serta petani terpilih dari Kelompok Tani Payung Sejahtera yang ada di Pulau Payung yaitu Hasanudin.

Dalam sambutannya Dyah Pitaloka menyampaikan petani terpilih merupakan petani yang konsisten dalam menerapkan teknologi yang pernah diintroduksikan oleh para peneliti dan penyuluh BPTP Jakarta, dan sampai saat ini masih mengembangkan tanaman-tanaman varietas Balitbangtan. Diskusi dipandu oleh Mukhlis, Wartawan Sinar Tani.

Devi Lidia dalam sambutannya menyampaikan Hasanudin adalah salah satu petani di Kepulauan Seribu yang gigih, dengan segala macam kendala yang ada namun tetap semangat melakukan usaha budidaya tanaman di lahan pasir pantai dengan pendampingan dari peneliti penyuluh BPTP Jakarta dan para penyuluh wilayah. Harapannya agar tetap bisa memanfaatkan lahan pasir pantai untuk budidaya tanaman karena hasil panen dari lahan pasir pantai mempunyai rasa yang eksotik, sebagai contoh semangka dan pepaya merah delima yang mempunyai rasa sangat manis. 

Dalam diskusi, Hasanudin menyampaikan bahwa pendampingan teknologi dari BPTP Jakarta yang dimulai tahun 2018, berdampak terhadap peningkatan kemampuannya dalam berbudidaya tanaman di lahan pasir pantai. Sebelumnya, aktivitas harian Hasanudin adalah sebagai nelayan. Sampai saat ini Hasanudin masih menanam aneka sayuran antara lain cabai, terong, tomat, kacang panjang, dan bawang merah. Selain sayuran juga terdapat tanaman buah diantaranya pisang Kepok Tanjung yang adaptif di lahan pasir pantai dan Raja Kinalun, keduanya merupakan pisang varietas Balitbangtan.

Melalui diskusi ini diharapkan segera tersusun buku Memoar Pejuang Teknologi BPTP yang dapat menginspirasi petani-petani lain agar tetap eksis menjalankan perannya sebagai pejuang pangan.