JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta -- Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta Tahun 2018 – 2030 menjadi acuan bagi semua pelaku pertanian perkotaan untuk mencapai ketahanan dan kedaulatan pangan serta peningkatan kualitas lingkungan hidup di DKI Jakarta. Dalam Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta terdapat 7 (tujuh) sasaran ruang pelaksanaan pertanian perkotaan, yaitu rumah susun, lahan kosong, lahan pekarangan dan gang perkampungan, sekolah, perkantoran, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), dan lahan laut. Sejalan dengan hal tersebut, melalui kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Ruang Perkotaan Mendukung Pengembangan Urban Farming Berkelanjutan Di Provinsi DKI Jakarta, BPTP Jakarta mengembangkan percontohan pertanian perkotaan area perkantoran di Kantor Kelurahan Jatipadang Jakarta Selatan. 
 
Kamis (2/9/2021) Kepala BPTP Jakarta, Dr. Nurhayati, SP., M.Si bersama Lurah Jatipadang melakukan pindah tanam semaian hidroponik di halaman kantor Kelurahan Jatipadang.  “Percontohan di kantor kelurahan ini, merupakan salah satu sarana diseminasi kepada masyarakat guna mempercepat adopsi teknologi pertanian perkotaan oleh masyarakat” Ujar Kepala BPTP Jakarta. Teknologi Hidroponik, Vertikultur Bawang dan Tabulampot didiseminasikan kepada masyarakat melalui kegiatan ini. Kedepan juga akan dilengkapi dengan teknologi pengolahan limbah organik perkantoran. 
 
Lurah Jatipadang, Narip Aripin, menyambut baik kegiatan percontohan ini sebagai sarana edukasi kepada masyarakat, disamping itu kegiatan pertanian perkotaan di halaman kantor kelurahan membuat lingkungan semakin indah dan asri. 
 
Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini terlihat dari adanya keingintahuan masyarakat untuk sekedar melihat teknologi dari dekat maupun bertanya terkait teknologi budidaya tanaman pertanian pekotaan. Posisi Kantor kelurahan Jatipadang yang berseberangan dengan BPTP Jakarta, memudahkan masyarakat yang ingin mempelajari teknologi lebih lanjut untuk langsung berkonsultasi dengan para peneliti penyuluh BPTP Jakarta.