JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta -- Mendukung pelaksanaan kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Ruang Perkotaan Mendukung Urban Farming Berkelanjutan di Provinsi DKI Jakarta, Selasa (1/9/2021), BPTP Jakarta membagikan bibit cabai, bibit terong, tabulampot jeruk, media tanam dan pupuk kepada 70 (tujuh puluh) warga RW.06, Kelurahan Jatipadang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pertanian perkotaan serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dan masyarakat wilayah DKI Jakarta terhadap inovasi teknologi pertanian perkotaan mendukung Desain Besar Pertanian Perkotaan Provinsi DKI Jakarta 2018-2030. Pada kesempatan ini secara simbolis dilakukan penyerahan bibit, saprodi dan juknis budi daya secara langsung oleh Kepala BPTP Jakarta kepada Ketua RW 06. 
 
Dalam sambutannya, Kepala BPTP Jakarta, Dr. Nurhayati, SP., M.Si, berharap melalui kegiatan ini teknologi pertanian perkotaan banyak diadopsi dan diimplementasikan secara meluas dan berkelanjutan di seluruh wilayah DKI Jakarta. Pada kegiatan ini, BPTP Jakarta tidak hanya membagikan benih namun disertai dengan bimbingan teknis dan pendampingan teknologi budi daya dan olahan pascapanen, serta penyuluhan, pelatihan dan pendampingan pengelolaan limbah rumah tangga menjadi pupuk kompos. BPTP Jakarta terbuka bagi seluruh warga yang hendak berkonsultasi dengan peneliti penyuluh terkait budi daya di lapangan. 
 
 
Ketua RW 06, Arif Syarifuddin, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada BPTP Jakarta, atas kepercayaan yang diberikan kepada warga RW 06  untuk menerima bibit cabai. Beliau mengajak warga untuk secara aktif memanfaatkan pekarangan yang ada untuk budidaya sayuran perkotaan. "Di bawah bimbingan BPTP Jakarta, mari kita terapkan teknik budi daya  pertanian perkotaan yang baik dan benar" himbau Arif Syarifuddin. 
 
Kasi Kesra Kelurahan Pasar Minggu, Wahwi Nastuti, mengajak warga untuk giat mengembangkan pertanian perkotaan di lingkungan masing-masing. Urban farming selain menyenangkan dan dapat menurunkan stres, juga diketahui mendatangkan beberapa manfaat dan keuntungan bagi Kesehatan. Dengan menanam sendiri sayuran di pekarangan, warga dapat menghemat pengeluaran rumah tangga dan menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga secara mandiri. 
 
Kasatpel Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Kecamatan Pasar Minggu, Ida Masni, menyampaikan apreasiasi atas terlaksananya kegiatan ini serta siap mendukung dan membantu mendampingi pelaksanaan kegiatan di lapangan. “Mari manfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin, untuk menumbuhkan ketahanan pangan masyarakat dan menciptakan lingkungan sehat bebas polusi melalui kegiatan budidaya tanaman dan pemanfaatan limbah rumah tangga.” ujar Ida Masni.
 
Semoga kegiatan pertanian perkotaan di DKI Jakarta dapat berkelanjutan dan berkembang semakin pesat.