JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Kondisi penerapan PPKM level 4 di DKI Jakarta tidak menghalangi terus berjalannya kegiatan diseminasi hasil pertanian yang dilakukan oleh BPTP Jakarta. Demikian juga dengan kegiatan produksi benih bawang merah yang kerjasama antara BPTP Jakarta dengan Pusbang Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI Jakarta. Lokasi produksi benih bawang merah ini di lahan BBI Ujung Menteng - Jakarta Timur, lahan milik Pemda DKI Jakarta yang diperuntukkan khusus untuk produksi benih padi dan bawang merah.

Pengolahan lahan, perlakuan pemupukan awal sudah dilakukan pada bulan Juni – Juli 2021. Penanaman benih umbi dilakukan pada tanggal 9- 11 Agustus 2021. Lahan seluas kurang lebih 3000 m 2 ini ditanami dengan benih umbi varietas Pancasona, Keramat 1 dan Sembrani label kuning yang berasal dari hasil penelitian Pemulia Tanaman Bawang Merah di Balai Penelitian Tanaman Sayuran – Lembang.

Proses budidaya produksi benih ini menggunakan teknologi budidaya bawang merah Badan Litbang Pertanian, diantaranya menggunakan Gliokompos dan Bioprotektor sebagai upaya pengendalian hama tanamannya. Selain itu kerjasama antara peneliti dari BPTP Jakarta (budidaya dan hama penyakit) dengan para POPT dari Pusbang Benih dan Proteksi Tanaman yaitu Bapak Soleh dan Bapak Hasan. Pendampingan dari Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian juga akan diupayakan agar hasil produksi benih bawang merah nantinya dapat disertifikasi. Semoga hasil panen umbi bawang merah ini dapat mencapai target yang telah ditentukan. Sehingga benih umbi ini nantinya dapat didistribusikan kepada masyarakat Jakarta.