JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta -- Bertempat di Kelompok Tani Jawa Indah Semanan, Jakarta Barat, telah dilakukan panen padi varietas unggul Inpari 32 pada minggu ke 4 bulan Juli 2021. Verietas Inpari 32 memiliki keunggulan diantaranya tahan terhadap penyakit hawar daun bakteri strain III dan IV, tahan terhadap blas ras 033, agak tahan terhadap Tungro, dan potensi hasil dapat mencapai 8,42 ton/ha. Varietas Inpari 32 yang ditanam merupakan salah satu bentuk show window teknologi dari paket teknologi padi yang didiseminasikan oleh BPTP Jakarta.
 
Panen yang dilakukan pada musim tanam padi kali ini menggunakan alat panen otomatis, Combine Harvester. Combine harvester adalah salah satu tipe mesin panen otomatis yang memiliki fungsi memotong, memegang, merontok dan membersihkan secara bersamaan. 
 
Beberapa manfaat yang dirasakan oleh petani padi di Poktan Jawa Indah dalam penggunaan alat ini antara lain, adanya penghematan tenaga kerja manusia yang digunakan dan mempermudah proses panen. Biasanya petani setempat harus mendatangkan tenaga panen dari luar Jakarta karena minimnya ketersediaan tenaga kerja pertanian di Jakarta. Penghematan tenaga kerja manusia berdampak langsung terhadap penghematan waktu panen dan biaya panen yang dikeluarkan. Keunggulan lainnya yang dirasakan, penggunaan alat ini telah meminimalisir kehilangan hasil panen padi yang diproduksi. 
 
Lanjutkan langkahmu Pejuang Pangan.  Majulah Pertanian Perkotaan, Sejahteralah Petani Kota.