JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta,  (27/01/2021) Wilayah Jakarta yang sangat unik menjadi daya tarik tersendiri serta membuka peluang-peluang inovatif bagi perkembangan urban farming. Nyata dan memang ada, rel kereta pun dapat disulap menjadi lahan terbuka hijau. Sebut saja, di RW.05, Kelurahan Cikini, Kec. Menteng, Jakarta Pusat yang memanfaatkan lahan di bawah rel commuter line menjadi ruang publik yang digunakan warga sekitar untuk melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari pertemuan RT, rapat RW, pertunjukan teater dan kegiatan pertemuan masyarakat lainnya. Lokasi seluas kurang lebih 1.500 m2 ini dipenuhi dengan berbagai macam tanaman hias, tanman toga dan sayuran seperti kangkung. Terdapat pula beberapa set hidroponik, alat pupuk organik, aquakrium, vertikultur serta rumah maggot yang merupakan program CSR dari PLN yang saat ini maggot tersebut sudah berkembang di setiap RT wilayah Cikini dan bahkan telah menerima kunjungan dari perguruan tinggi serta mancanegara. 
 
Kegiatan ruang terbuka hijau yang sudah berjalan sejak 2016 ini dikomandani oleh Ibu RW.05 (Ibu Yusnat Dayanti) yang merupakan sosok inspiratif dan pionir bagi warga sekitar. Hadir bersama dengan Camat Menteng, Lurah Cikini, Sudin KPKP Jakarta Pusat dan BPTP Jakarta, Ibu Yusnat Dayanti yang biasa dipanggil dengan Ibu Dadai ini menyampaikan harapannya, semoga ke depan lahan dibawah rel commuter line ini dapat dikembangkan lebih luas lagi serta menjadi center of excellence bagi kegiatan masyarakat sekitar. 
 
Dalam koordinasinya bersama Pemerintah Daerah setempat ini pun, Kepala BPTP Jakarta (Dr. Nurhayati, M.Si) menyampaikan bahwa BPTP Jakarta siap melakukan pendampingan terhadap inovasi teknologi urban farming yang dibutuhkan oleh wilayah. Beberapa peluang yang dapat menjadi alternatif dalam pengembangan urban farming di lokasi ini adalah memanfaatkan dinding pagar untuk tanaman sayuran dan toga, optimalisasi peralatan hidroponik yang telah tersedia, memaksimalkan peran rumah maggot, bekerjasama dengan pengusaha tanaman hias yang berada di sekitar Cikini. Selain itu, penting pula untuk menginisiasi pembentukan kelompok tani dalam rangka mendukung kegiatan urban farming yang ada di RW.05 ini. Yuk, terus semangat mengembangkan urban farming di sekitar Anda… salam.