JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- BPTP Jakarta menerima kunjungan dari Komunitas Gowes Alumni SMAN 46 Jakarta angkatan tahun 1985 (Gowes 46’85) yang dipimpin oleh Ibu Ati (Tenaga Ahli Anggota DPR dari Komisi VIII DPR RI) pada Rabu, 23 Desember 2020. 

Acara dibuka dengan perkenalan dan sambutan yang disampaikan oleh Ibu Ati sebagai pimpinan komunitas. Beliau menyampaikan bahwa Komunitas Gowes 46’85 ini merupakan komunitas yang sudah berjalan lama, dan mulai aktif di tahun 2020 melalui aktifitas bersepeda. Selain rutin melakukan kegiatan bersepeda juga melakukan berbagai kegiatan positif yaitu mendukung segala kegiatan yang berkaitan dengan go green. Kegiatan go green yang digemari anggota Komunitas Gowes 46’85 ini yaitu adalah kegiatan budidaya tanaman. Budidaya tanaman di daerah perkotaan (urban farming) memiliki banyak tantangan, diantaranya yaitu ketersediaan lahan yang terbatas, minimnya waktu untuk melakukan perawatan tanaman karena kesibukan aktivitas lain, dan perlunya peningkatan pemahaman terkait dasar-dasar pemeliharaan tanaman.

Dr. Indarti Puji Lestari mewakili Kepala BPTP Jakarta menerima Komunitas Gowes 46’85 dan juga memperkenalkan beberapa peneliti dan penyuluh dari 4 bidang pengkajian, yaitu budidaya, ternak, sosial ekonomi dan pascapanen yang ikut serta dalam pertemuan ini. Pemaparan terkait pertanian perkotaan secara lebih mendalam disampaikan oleh Harun Pratama, S.P.. Beliau menyampaikan bahwa BPTP Jakarta dengan berbagai kajian dan pengembangan teknologi spesifik lokasi perkotaan memberikan beberapa pilihan yang dapat dilakukan. Yaitu budidaya tanaman dalam pot, vertiminaponik (budidaya tanaman secara organik berbentuk vertikal menggunakan sistem air sirkuler yang sumber nutrisinya berasal dari kotoran ikan), hidroponik (budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah, menggunakan larutan nutrisi yang disirkulasikan). Beberapa teknik ini membutuhkan lahan yang tidak terlalu luas untuk menghasilkan panen yang cukup untuk dikonsumsi keluarga, lebih aman dari pestisida dan lebih segar tentunya.

Komunitas Gowes 46’85 selanjutnya melakukan kegiatan tanya jawab terkait permasalahan yang ditemui berdasarkan pengalaman mereka. Mulai dari masalah hama lalat buah yang seringkali merusak buah belimbing dan mangga serta teknik menginduksi tanaman buah karena tanaman buah jarang berbuah. Selain membahas tanaman buah, juga membahas tanaman sayuran seperti bawang merah dan cabai yang dapat dibudidayakan di dalam polybag. Para peserta dari Komunitas Gowes 46’85 melakukan kunjungan ke sekeliling BPTP Jakarta dipandu oleh Winarto sekaligus penjelasan terkait tanaman buah dalam pot (tabulampot) dan juga teknik budidaya hidroponik tanaman sayuran. Diharapkan dari kunjungan ini dapat terjalin kolaborasi atau pilot project terkait pertanian perkotaan dengan komunitas-komunitas lain yang aktif berkegiatan untuk mendukung pertanian dalam arti luas di daerah Jakarta.