JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Sebagai bagian dari kegiatan pendampingan kolaborasi urban farming antara Kementan dan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta (BPTP Jakarta) bekerjasama dengan Sudin KPKP Jakarta Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis Budidaya Cabai Merah Berbasis Inovasi Teknologi Proliga (Produksi Lipat Ganda) pada hari Jumat (11/12/2020), di BPP Kembangan Jakarta Barat. Bimtek diikuti oleh kelompoktani penerima bantuan cabai, PJLP lingkup BPP Kembangan serta Penyuluh Sudin KPKP Jakarta Barat.

Dalam sambutannya, Kasudin KPKP Jakarta Barat, Iwan Indriyanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas pemberian bantuan benih dari Dirjen Horti dan pendampingan teknologi oleh BPTP Jakarta. Beliau meminta petani untuk melaksanakan budidaya cabai dengan teknologi proliga sesuai apa yang telah disampaikan dalam pelatihan agar produksi meningkat. Disamping itu, Kasudin juga menyampaikan bahwa penggiat pertanian perkotaan wilayah Jakarta Barat juga memerlukan pendampingan teknologi nutrisi hidroponik.

Kepala BPTP Jakarta Dr. Ir. A Arivin Rivaie, M,Sc menyampaikan bahwa bimtek seperti ini penting dilakukan sebagai ajang tukar menukar ilmu dan pengalaman, sehingga bisa kita peroleh hasil yang lebih baik lagi. BPTP Jakarta siap mendukung pengembangan pertanian perkotaan di Jakarta Barat melalui pendampingan teknologi nutrisi hidroponik.

Materi pelatihan disampaikan oleh peneliti BPTP Jakarta, Ikrarwati, SP.,MSi. Paket teknologi Budidaya Cabai Merah Berbasis Inovasi Teknologi Proliga (Produksi Lipat Ganda) mengutamakan pelaksanaan pada beberapa titik ungkit budidaya cabai, yakni penggunaan varietas unggul, persemaian sehat, peningkatan populasi tanaman, pengelolaan tanah, hara, dan air, serta penerapan pengendalian hama terpadu (HPT).

Pelaksanaan kegiatan bimtek ini diharapkan mampu menambah pengetahuan petani dan meningkatkan gairah peserta bimtek untuk terus menjalankan usaha tani khususnya pada sub sektor hortikultura terutama komoditas cabai.