JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta Timur (10/12) – Dalam rangka pendampingan kegiatan Kolaborasi Urban Farming di DKI Jakarta, BPTP Jakarta melaksanakan Bimbingan Teknis “Budidaya Cabai Dengan Teknologi Produksi Lipat Ganda (PROLIGA)”. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan BPP Ujung Menteng – Jakarta Timur dengan melibatkan peserta yang terdiri dari anggota kelompok tani, kelompok wanita tani, anggota PKK, PPSU, UPRS Rawa Bebek, PPL setempat lingkup wilayah Ujung Menteng – Jakarta Timur serta peneliti BPTP Jakarta. Hadir juga dalam pertemuan perwakilan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, perwakilan Sudin KPKP Jakarta Timur, dan juga Koordinator BPP Ujung Menteng. 

Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan. Sambutan pertama diberikan oleh Pak Agus Rochimat yang dalam hal ini mewakili Sudin KPKP Jakarta Timur. Dalam sambutannya beliau mengajak peserta untuk bersyukur, bahwa di tengah Pandemi COVID-19 ini pemerintah masih berupaya memberi perhatian kepada masyarakat melalui program Kolaborasi Urban Farming antara Kementerian Pertanian dan Pemda DKI Jakarta, karena tidak semua masyarakat bisa mendapatkan kesempatan yang sama seperti saat ini. 

Pengembangan cabai dan bawang merah menjadi prioritas dikarenakan komoditas hortikultura ini menjadi penyebab inflasi selama ini. Adanya kegiatan Kolaborasi Urban Farming ini diharapkan bisa merangsang masyarakat untuk menanam cabai dan mengembangkannya untuk pemenuhan kebutuhan serta peningkatan pendapatan keluarga. Hal ini disampaikan dalam sambutan kedua sekaligus membuka acara oleh Kepala BPTP Jakarta yang kali ini diwakili oleh Dr. Indarti Puji Lestari, SP, M.Si. Pada kesempatan ini, hadir juga perwakilan dari Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta Pak Taufik Yulianto yang berkenan menyerahkan bantuan benih cabai dan likat kuning dari Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian secara simbolis kepada perwakilan dari kelompok Rusunawa Rawa Bebek. 

Narasumber utama kegiatan Bimtek kali ini adalah Dr. Indarti Puji Lestari, SP, M.Si yang merupakan peneliti budidaya BPTP Jakarta yang menyampaikan materi tentang Budidaya Cabai Dengan Teknologi Produksi Lipat Ganda (PROLIGA). Terdapat 5 kunci utama teknologi budidaya cabai dengan teknologi PROLIGA, yaitu: (1) Penggunaan varietas unggul, (2) Persemaian sehat, (3) Kepadatan populasi, (4) Pengelolaan hara, tanah, dan air, dan (5) Pengendalian hama dan penyakit.