JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakaarta -- Selamat tinggal November, selamat datang Desember. Di penghujung tahun ini, BPTP Jakarta tetap semangat dalam kegiatan Pendampingan Kolaborasi Urban Farming Kementan-DKPKP DKI Jakarta. Jakarta (01/12/2020), Tim Agro Edu Wisata BPTP Jakarta mengawali awal bulan Desember dengan mengunjungi Kebun Bibit Kamal Muara, Jakarta Utara. Perjalanan jauh rela ditempuh demi mengetahui kebutuhan teknologi di tempat tersebut. Tim BPTP Jakarta saling berdiskusi dengan pengelola kebun yaitu bapak Hadi Turanto.

Kebun bibit Kamal Muara merupakan unit dibawah Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Provinsi DKI Jakarta dengan luas lahan ± 5 Ha. Kebun bibit ini memiliki koleksi buah-buahan lokal, tanaman TOGA, tanaman sayuran dan tanaman pangan yaitu sukun.Di awal diskusi, salinitas langsung menjadi topik pembicaraan utama yang disampaikan oleh bapak Hadi. Salinitas memang menjadi masalah utama yang dihadapi di Kebun Bibit Kamal Muara. Kita ketahui bahwa salinitas tinggi menghambat pertumbuhan tanaman.

Permintaan pengelola kebun adalah untuk memberikan diskusi lebih lanjut atau bahkan teknologi untuk mengurangi salinitas air sehingga menjadi lebih tawar dan baik untuk tanaman. Di kebun bibit ini telah ada sumur dalam dengan kedalaman ±150 m tetapi airnya masih sedikit payau. Identifikasi lainnya adalah permintaan jenis tanaman-tanaman yang dapat beradaptasi dengan kondisi iklim dan air dengan salinitas yang cukup tinggi.  Rencana lainnya adalah untuk menjadikan kebun bibit menjadi lokasi wisata sekaligus edukasi sehingga menjadi lokasi eduwisata. Diharapkan segala permasalahan di Kebun Bibit Kamal Muara, terutama masalah salinitas dapat diselesaikan dan dapat menjadi lokasi eduwisata yang dapat memberikan edukasi tentang pertanian kepada masyarakat.