JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta, -- Selada betawi merupakan sayuran varietas lokal Jakarta, yang merupakan salah satu kekayaan SDG DKI Jakarta.  Selain renyah dan manis rasanya, kali ini panen selada Betawi diperoleh dari budi daya secara hidroponik. Sudah tidak asing memang berbudi daya selada dengan sistem hidroponik, tetapi untk selada khas Jakarta ini masih sedikit sekali yang membudidayakannya.

BPTP Jakarta pada kesempatan ini melakukan pengkajian pengembangan selada Betawi secara hidroponik dengan target utama dititik beratkan pada aspek nutriṣi. Dilakukan beberapa penggunaan alternatif pupuk yang diharapkan dapat mengurangi/menggantikan sumber nutrisi yang biasa utk hidroponik, terutama yang berasal dari bahan organik.

Untuk sementara, alternatif teknik pemupukan tersebut diketahui memberikan efek pertumbuhan Selada Betawi yang mendekati penggunaan pupuk standarnya (ABmix), yaitu terpaut kurang dari 2%. Bahkan efek toleransi terhadap keterbatasan sinar matahari lebih baik, yaitu dengan selisih penurunan produksi kurang dari 5%.

Selanjutnya diharapkan selada Betawi ini dapat semakin dikenal  dan  digemari, bahkan dikembangkan masyarakat, setidaknya di Jakarta.