JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pada awal april di tahun 2020 telah dimulai penanaman padi serempak di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Tanam padi secara serempak direncanakan akan dilakukan pada hamparan lahan sawah seluas ±363 ha dengan potensi produksi 1.815 ton GKP. Hamparan sawah dikelola oleh delapan kelompok tani dan satu gabungan kelompok tani. Penanaman serempak tetap memperhatikan kaidah social distancing mengingat sebaran pandemic yang ada di DKI Jakarta.

Salah satu jenis varietas yang ditanam pada musim tanam ini adalah varietas Inpari Nutri Zinc yang merupakan salah satu varietas unggul baru Badan Litbang Pertanian, dengan keunggulan memiliki kandungan zinc tinggi, yang baik untuk kesehatan. Varietas ini ditanam seluas satu hektar dengan menggunakan jarak tanam jajar legowo.

BPTP Jakarta bekerjasama dengan Dinas KPKP provinsi DKI Jakarta melakukan introduksi varietas unggul Baru Badan Litbang Pertanian dalam rangka sinergitas mengoptimalkan nilai tambah dan produksi padi di DKI Jakarta. Penanaman varietas ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah produk pertanian di wilayah perkotaan, mengingat varietas ini merupakan salah satu jenis beras fungsional dengan pasar spesifik yang banyak tersedia di DKI Jakarta.Penanaman varietas ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah produk pertanian di wilayah perkotaan, mengingat varietas ini merupakan salah satu jenis beras fungsional dengan pasar spesifik yang banyak tersedia di DKI Jakarta.

Penanaman secara serempak diharapkan dapat meminimalisir serangan hama dan penyakit yang ada, mengurangi biaya penggunaan pestisida kimia dan menekan kehilangan hasil produksi

Usahatani padi di DKI Jakarta patut mendapatkan apresiasi tinggi baik dari pemerintah maupun stakeholder terkait karena di tengah keterbatasan yang ada, petani urban tetap memiliki semangat yang tinggi dalam menyediakan sumber pangan utama masyarakat kota.

Majulah pertanian Jakarta, majulah pertanian Indonesia