JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Sekelompok Ibu-ibu memiliki cita-cita menjadikan lingkungan tempat tinggal mereka sebagai kampung hidroponik. Bu Hj Latifah, sang champion yang menjadi motor penggerak kegiatan hidroponik di kelurahan Pertukangan Selatan. Berawal dari program “Gang Hijau” yang dilaksanakan oleh DKPKP Provinsi Jakarta yang menjadi embrio munculnya keinginan budidaya hidroponik di KWT Asmat. Didampingi oleh Bapak Hari Prayitno yang saat itu masih bertugas sebagai PPL, kelompok ini bersemangat belajar dan melakukan budidaya hidroponik.

Saat ini, sudah berjejer sekitar 300 m talang-talang hidroponik di Gang Asmat. Selain itu, di lahan Bu Hj Latifah dengan luas 200 m 2, rak-rak hidroponik dengan lubang sekitar 520 setiap talang kangkung, bayam, mint, kale dan selada. Setiap pekan sekali, sayuran hidroponik ini akan dipanen secara bertahap dan dipasarkan ke masyarakat sekitar atau pasar kaget di beberapa tempat seperti Balkot Farm. Dari budidaya hidroponik ini, selain untuk mencukupi kebutuhan sayur di rumah tangga, mereka juga mendapat penghasilan tambahan dari hasil penjualannya. Bahkan menurut Bu Linda salah satu anggota KWT, tidak pernah lagi membeli sayur di tukang sayu atau di pasar lagi, semua tercukupi dari hasil hidroponiknya.

Namun demikian, aktivitas budidaya tersebut tidak terlepas dari beberapa kendala yang perlu mendapatkan solusi penangannya, di antara adalah adanya kasus serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti hama kutu daun dan kutu putih dan ketergantungan dengan sumber nutrisi buatan pabrikan. Dengan rekomendasi berupa pemanfaatan tanaman refugia dan penggunaan pestisida nabati dari Tim Peneliti BPTP diharapkan dapat membantu mengurangi gangguaan OPT. begitu pula upaya pemanfaatan nutrisi dari limbah ikan, melalui sistem aquaponik juga dapat menjadi salah satu tawaran rekomendasi bagi ketergantungan sumber nutrisi.

Dengan demikian, kita akan lebih yakin bahwa dari budidaya hidroponik tersebut bahan pangan yang kita konsumsi terjaminan keamanan/kualitasnya