JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Varietas Inpari 42 merupakan varietas unggul Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian keluaran Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Sukamandi. Padi ini berumur ± 112 hari dengan tekstur nasi pulen dan memiiki potensi hasil 10,58 ton/ha GKG.

BPTP Jakarta bersama Sudin KPKP Jakarta Timur telah melakukan introduksi varietas Inpari 42 di kelompok tani Kandang Besar, Cakung, Jakarta Timur. Pada hari Senin, 2 Maret 2020 telah dilakukan panen dan ubinan padi Inpari 42 di lokasi tersebut.

Kondisi lahan pada saat panen masih cukup basah karena curah hujan di lokasi yang masih cukup tinggi. Rata-rata hasil ubinan menunjukkan potensi produksi sebesar 10.25 ton/ha gabah kotor panen dengan kadar air gabah 27,6%. Sedangkan hasil analisa jumlah bulir/malai menunjukkan potensi produski sebesar 8.7 ton/ha Gabah bersih panen.

Persepsi petani terhadap varietas ini cukup baik, petani menyukai jenis varietas ini karena bentuk daun benderanya yang tegak dan malai yang berada di bawah daun bendera. Karakteristik ini meminimalisir serangan hama burung yang banyak terjadi di DKI Jakarta.

Introduksi varietas unggul padi Badan Litbang Pertanian diharapkan dapat meminimalisir serangan hama penyakit yang ada, meningkatkan produksi dan mengoptimalkan pendapatan petani.