JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Guna menambah wawasan dan pengetahuan pemanfaatan lahan pekarangan rumah, Dharma Wanita Persatuan LPP TVRI menggandeng Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta sebagai narasumber dalam pelatihan Teknologi Budidaya Tanaman di Lahan Pekarangan. Pelatihan dilaksanakan di Ruang Serba Guna LPP TVRI pada tanggal 24 Januari 2020 yang diikuti oleh pengurus dan anggota DWP LPP TVRI sejumlah kurang lebih 55 orang.

Mewakili DWP LPP TVRI Ibu Mufida Ariany Tanjung, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BPTP Jakarta yang berkenan hadir untuk sharing tentang Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah. Pelatihan diawali dengan penyampaian materi oleh Dr. Indarti Puji Lestari, SP, M.Si. Materi yang disampaikan berupa bagaimana mensiasati bertanaman di lahan pekarangan dengan teknologi budidaya dalam wadah/pot, secara vertikal dan hidroponik untuk meminimalkan penggunaan media dan air.

Acara pelatihan dilanjutkan dengan praktek atau demonstrasi cara bertanam sayuran oleh Muhammad Nu, A.Md dipandu oleh Ir. Yogawati DA. mulai dari penggunaan media tanam, penyemaian benih, pindah tanam, pemupukan dan penyiraman. Dalam praktek juga disampaikan teknologi budidaya sayuran dengan sistem hidroponik secara sederhana. Antusias pengurus dan anggota DWP terlihat saat praktek atau demonstrasi dengan ditunjukkan banyaknya pertanyaan yang disampaikan baik tentang penanaman maupun pemeliharaan  tanaman sayuran dan buah-buahan.

Di akhir acara pelatihan, BPTP Jakarta membagikan bibit sayuran (terong, cabai dan okra) serta benih sayuran (kelor dan okra merah) kepada para peserta. Ibu Mufida Ariany Tanjung saat menutup acara berharap kepada para pengurus dan anggota DWP yang hadir, agar dapat menerapkan ilmu pemanfaatan yang diperoleh dengan mencoba bertanam menggunakan bibit/benih yang dibagikan.