JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) telah meluncurkan situs web e-Deposit. Hal ini sebagai upaya dalam melaksanakan Undang-Undang 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam atau lebih dikenal dengan UUSSKCKR.

Jumat (6/12/29), Sosialisasi E-Deposit untuk Perpustakaan Kementerian dan Lembaga Non Kementerian dilaksanakan di Ruang Teater Perpusnas. Situs web E-Deposit ditujukan untuk mempermudah penyerahan karya cetak dan karya rekam dari penerbit, dalam hal ini terbitan Kementerian dan Lembaga Non Kementerian, kepada Perpusnas.

Saat ini, situs web e-Deposit yang disosialisasikan adalah e-Deposit versi 1. Versi ini baru bisa menerima tiga tipe publikasi, yaitu tipe pdf, audio, dan partitur (yang sudah terdaftar di ISSN).

Jenis file yang bisa diunggah dalam situs ini adalah pdf, jpg, MP3, dan WAV. Sementara untuk besaran file pada masing-masing terbitan yang bisa diunggah adalah 500MB.

Untuk mendukung pelaksanaan UU No. 13 Tahun 2018 tersebut, Perpusnas juga mengeluarkan kebijakan terkait permohonan ISBN. Yaitu, nomor ISBN akan diberikan kepada penerbit jika terbitan sebelumnya yang telah memiliki ISBN telah diserahkan kepada Perpusnas.

Melalui situs web e-deposit, diharapkan para wajib serah dengan mudah menyerahkan hasil karyanya kepada Perpustakaan Nasional kapan saja dan di mana saja dengan memanfaatkan jaringan internet. Dengan menyerahkan hasil terbitan keapda Perpusnas, maka hasil-hasil karya yang telah dipublikasikan akan dapat terjaga dan dimanfaatkan secara lebih luas.