JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta – Sebagai salah satu dukungan terhadap instruksi Gubernur No. 66 Tahun 2019 tentang pengendalian kualitas udara dengan mengoptimalkan penghijauan pada sarana dan prasarana publik dengan membudidayakan tanaman berdaya serap polutan tinggi, serta mendorong adopsi konsep Green Building oleh seluruh gedung sekolah melalui penerapan insentif dan diinsentif. LAZ Al Azhar bekerja sama dengan BPTP Balitbangtan Jakarta, melaksanakan program “Green Hero for Happy Farmers” melalui penerapan inovasi teknologi Pertanian Perkotaan (Urban Farming) diantaranya bertanam dengan sistem vertical garden di perkotaan. Keuntungan menggunakan teknologi bertanam sistem vertical garden antara lain tidak membutuhkan lahan luas, bisa dilakukan baik di indoor maupun outdoor, mudah pemeliharaan, menghasilkan oksigen dan menambah nilai estetika lingkungan.

Selain vertical garden, teknologi pertanian perkotaan (Urban Farming) yang lain diantaranya adalah vertikultur talang, mini wallgarden, vertikultur paralon, pot plant, tabulampot, aquaponik dan hidroponik. Sedangkan tanaman yang dibudidayakan dapat berupa tanaman sayuran, tanaman obat (TOGA), tanaman buah dan tanaman hias.   

Hari ini, Kamis 28 Nopember 2019, LAZ Al Azhar bekerja sama dengan BPTP Balitbangtan Jakarta mengadakan Launching Program  “Green Hero For Happy Farmer” di KB/TK Al-Azhar 20 Cibubur.  Acara dihadiri oleh Pengurus Yayasan Bahrul Ulum, Pengurus YPI Al Azhar, Direktorat Dakwah & Sosial (DIRDAKSOS) YPI Al Azhar, Direktorat Pendidikan Dasar & Menengah (DIRDIKDASMEN) YPI Al Azhar, Kepala Sekolah KB/TK Al Azhar wilayah Cibubur.

Acara dibuka oleh Ibu Komaria, S.Pd.I, Kepala Sekolah KB/TKIIA 20 Cibubur. Dalam sambutannya beliau mengajak orang tua murid dan semua civitas sekolah untuk menyumbangkan satu tanaman untuk sekolah dan satu tanaman untuk daerah binaan Al Azhar yang bisa bermanfaat untuk bumi kita, dan berharap dari niat sederhana, niat yang kecil bisa menghasilkan kebaikan buat semua.

Sementara, Agus Nafi, Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar menyampaikan semoga vertical garden di TB/TK Al Azhar memberi pengaruh positif dan menular secara meluas ke seluruh sekolah dan kampus di Indonesia. Di mulai dengan Al Azhar, bisa menghasilkan satu kampus yang hijau, asri, bersih dan memberikan kontribusi udara terutama di kota-kota besar di Jakarta dan sekaligus menjadi amal jariyah bukan hanya saat ini, tetapi untuk masa depan anak-anak semua, yang dimulai dengan edukasi dini.    

Kepala BPTP Jakarta yang diwakili oleh Kasie KSPP BPTP Jakarta, menyampaikan BPTP Jakarta sangat senang sekali  bisa membantu dan bekerjasama dalam mengedukasikan program Green Hero for Happy Farmers, untuk mengoptimalisasikan penghijauan sesuai instruksi Gubernur. Dunia pertanian/penghijauan sangat penting dikenalkan sejak usia dini seperti yang dilakukan di TK Al Azhar ini dan diharapkan bisa berkembang di sekolah-sekolah lainnya. BPTP Jakarta selain mengenalkan vertical garden, juga teknologi lain yang mendukung pertanian perkotaan (urban farming) seperti vertikultur, potplant dan mini wallgarden.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bibit tanaman kepada LAZ Al azhar, edukasi vertical garden, praktek pemindahan tanaman serta berkeliling di area display yang dipandu oleh Ir. Adriani dan Muhamad Nur, A.Md. Kegiatan diakhiri dengan demo pembuatan smoothies pakcoy.

Semoga program Green Hero for Happy Farmers yang digelar TB/TK Al Azhar 20 ini dapat menginspirasi semua orang.

r