JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Nasi masih menjadi primadona dalam asupan karbohidrat orang Indonesia. "Belum makan kalau belum makan nasi" menjadi quote yang diciptakan oleh orang Indonesia itu sendiri. Beras yang dihasilkan petani haruslah berkualitas baik sehingga nasi yang dikonsumsi dirasa sampai ke hati.

Untuk menguji tingkat kesukaan beras dan nasi oleh petani, tim pascapanen dan penyuluh BPTP Jakarta mengadakan uji hedonik pada 3 varietas padi yaitu inpari 32, 33, dan 42. Komponen yang dinilai dari beras adalah warna, bentuk, dan ukuran butir beras. Sedangkan komponen yang dinilai dari nasi adalah warna, aroma, tekstur, rasa, tingkat kepulenan, tingkat kelengketan, dan kenampakan keseluruhan dari masing-masing varietas.

Uji hedonik ini dilaksanakan pada hari Selasa (19-Nov-2019) di Kelompok Tani Jawa Indah, Jakarta Barat. Ada 12 petani yang menilai beras dan nasi yang dibawa dari BPTP Jakarta. Mayoritas petani Jawa Indah yang mengikuti uji hedonik ini memilih Inpari 42 sebagai beras dan nasi favorite mereka. Diharapkan petani dapat mengetahui nasi yang disukai berasal dari beras varietas yang mana.