JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Karang Anyar yang berada di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat adalah RPTRA yang paling luas di Jakarta. Luas lahannya sekitar 5.000 m. Lokasi RPTRA Karang Anyar berada di antara Stasiun Mangga Besar dan Sawah Besar, letaknya tepat di bawah kolong jembatan kereta api. Salah satu sarana edukasi pertanian perkotaan bagi pengunjung yang tersedia di RPTRA Karang Anyar adalah tersedianya fasilitas budidaya tanaman secara hidroponik dan vertiminaponik. Vertiminaponik merupakan kombinasi antara budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik dan budidaya ikan (aquakultur).

Pada hari Selasa, 12 November 2019 di RPTRA Karang Anyar dilakukan panen sayuran kangkung secara vertiminaponik. Pengelola RPTRA Karang Anyar melakukan budidaya kangkung secara vertiminaponik dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengkajian “Hidroponik Pascapanen Sayuran”. Acara panen kali ini dihadiri oleh Ibu Camat Sawah Besar, Kasatlakcam Sawah Besar, Penyuluh KB Kelurahan Karang Anyar, Ibu-Ibu PKK Kecamatan Sawah Besar, Ibu – Ibu PKK Kelurahan Karang Anyar, Perwakilan dari Kelurahan Karang Anyar, Penyuluh Pertanian Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Pengelola RPTRA Karang Anyar serta Peneliti dan Penyuluh Pertanian BPTP Jakarta.

Hasil panen hari ini memuaskan, dari 16 talang yang dipanen diperoleh sekitar 5.3 kg kangkung dengan kualitas baik. Hal ini terjadi tentunya karena keseriusan, ketekunan dan kesabaran Bapak Avit Kurniawan dan rekan-rekan sesama pengelola RPTRA Karang Anyar dalam menjaga dan merawat tanaman kangkung dengan baik.

Setelah selesai dipanen, kangkung kemudian dicuci menggunakan air mengalir untuk menghilangkan sisa tanah yang melekat pada akar. Selanjutnya kangkung yang sudah dibersihkan akan dijadikan sampel untuk perlakuan penyimpanan dan pengemasan. Pengujian dilakukan di Laboratorium Pascapanen BPTP Jakarta. Selain itu karena lokasi budidaya kangkung secara vertiminaponik dekat dengan jalan raya maka akan diukur kadar logam berat khususnya Pb.