JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta - Aquaponik merupakan teknik budidaya tanaman yang terintegrasi dengan budidaya hewan air, seperti ikan, udang serta moluska. Teknik budidaya aquaponik serupa dengan yang digunakan dalam budidaya hidroponik secara konvensional. Perbedaan keduanya adalah terkait dengan nutrisi tanaman. Hidroponik konvensional menggunakan sumber nutrisi kimia, sedangkan aquaponik memanfaatkan feses dan ammonia hasil metabolisme ikan sebagai sumber nutrisi. 

Salah satu kendala yang dihadapi oleh masyarakat ketika melakukan budidaya tanaman sayuran daun dan sayuran buah adalah penggantian media tanam yang telah digunakan berulang. Oleh karena itu dalam rangka untuk mendapatkan teknologi budidaya tanaman sayuran dan dan sayuran buah sistem aquaponik yang ramah lingkungan dan aplikatif pada skala rumah tangga di DKI Jakarta maka BPTP Jakarta mengadakan Kajian Teknologi Budidaya Tanaman Sistem Aquaponik di DKI Jakarta.

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Kajian Teknologi Budidaya Tanaman Sistem Aquaponik di DKI Jakarta, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta melakukan Bimbingan Teknis di Kelompok Tani Anyelir yang beralamat di RW. 05 Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramat jati, Jakarta Timur. Acara sosialisasi ini dihadiri oleh Bapak Badrudin, S.Sos (Lurah Batu Ampar), Ibu Dra. Dyah Pitaloka, M.Si (mewakili Kepala BPTP Jakarta), Ibu Rini Indriati (Kasatlak Sudin KPKP Jakarta Timur), Bapak M. Hardjan (Pengurus RW 05), Ibu Suwijining Putri Rahayu (PPL Kecamatan Kramat Jati), Peneliti, Penyuluh dan Teknisi BPTP Jakarta, Ketua dan Anggota Kelompok Tani Anyelir serta warga Kelurahan Batu Ampar.

Diharapkan melalui Kajian yang dilakukan BPTP Jakarta, diperoleh cara yang lebih mudah untuk menerapkan Budidaya Aquaponik pada skala rumah tangga. Hal ini diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi generasi milineal. Demikian disampaikan oleh Ibu Dyah Pitaloka ketika membuka acara. Mewakiliki Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Timur, Ibu Rini Indriati berharap agar Kelompok Tani Anyelir dapat mengikuti acara sosialiasi dengan baik dan serius.

Kegiatan sosialisasi diawali oleh Ir. Emi Sugiartini, MP (Peneliti BPTP Jakarta). Materi yang disampaikan adalah kegiatan Hidroponik Pascapanen Sayuran. Materi yang disampaikan adalah Kajian Teknologi Budidaya Tanaman Sistem Aquaponik di DKI Jakarta Tahun 2019. Melalui kegiatan ini akan dikaji : 1) kepadatan dan jenis ikan pada budidaya sayuran sistem aquaponik, 2) model budidaya sayuran sistem aquaponik di Kelompok Tani, 3) uji pendahuluan microgreen sistem aquaponik; dan 4) model teknologi budidaya microgreen sistem aquaponik di petani. Selanjutnya Ikrarwati, SP. MP (Peneliti BPTP Jakarta) dan Anna Feronika C.I SP, MP (Peneliti BPTP Jakarta) menjelaskan tentang microgreen dan sekaligus mengajak anggota Kelompok Tani Anyelir untuk ikut menjadi petani kooperator kegiatan kajian microgreen. Para peserta sosialisasi menyimak materi sosialiasi yang disampaikan dengan serius dan peserta mengajukan beberapa pertanyaan di akhir acara.