JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Perlunya masyarakat di kota besar seperti Jakarta untuk mengenal berbagai macam cara pertanian perkotaan yang salah satunya adalah akuaponik. Akuaponik menjadi salah satu ujung tombak dari pertanian perkotaan dimana kotoran ikan menjadi sistem nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dalam sistem akuaponik. Untuk mendesiminasikan pertanian perkotaan, BPTP Jakarta mengadakan pelatihan kepada kepada Kelompok Wanita Anyelir yang telah menjalankan kegiatan Bank Sampah Anyelir sebagai kegiatan pokok. Bertempat di RW.05 Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Peneliti BPTP Jakarta, Ir. Emi Sugiartini, MP, memberikan pelatihan mengenai akuaponik yaitu pemotongan rockwool, menaruh benih ke dalam rockwool, hingga pencampuran pakan ikan dan probiotik. Pelatihan ini sekaligus dengan pemasangan sistem akuaponik, sehingga para ibu-ibu dapat dengan rutin mengurus akuaponiknya.

Setelah acara pelatihan di Anyelir, tim BPTP Jakarta menuju Kelompok Tani Batik, Jakarta Pusat untuk melaksanakan kegiatan panen kangkung yang juga dengan sistem akuaponik. Panen kangkung dilaksanakan sekaligus dengan pengukuran panjang tanaman dan jumlah daun sawi dan pakcoy, serta pengukuran bobot dan jumlah dari ikan lele yang menjadi sumber nutrisi bagi tanaman di sistem akuaponik.

 Panen kangkung dilakukan bersama anak muda Karang Taruna, pengurus akuaponik, dan Ketua RW setempat. Diharapkan kegiatan pertanian perkotaan akuaponik dapat terus dikembangkan sehingga pertanian dapat terus regenerasi oleh berbagai lapisan masyarakat.