JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Siapa sangka kalau Jakarta memiliki beberapa jenis tanaman yang menjadi ciri khas kota. Salah satunya adalah krendang/karendang yang menjadi nama kelurahan di wilayah Jakarta barat.

Karendang/Krendang merupakan salah satu tanaman nusantara khas Jakarta sesuai Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 144 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Tanaman Nusantara Khas Jakarta.

Sebagai salah satu wujud perlindungan terhadap sumber daya genetik tanaman lokal, Tim Sumberdaya Genetik Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta melakukan karakterisasi tanaman kerendang yang berada di Kelurahan Kramat Jati pada Jum’at, (25/10/2019). Di halaman rumah Bapak Asmawi, tumbuh pohon karendang yang berbuah lebat. Tidak hanya pohon karendang saja yang ada, tetapi pohon salam, kelor, kingkit, jambu air, labu, tapak dara dan tanaman toga lainnya.

Pohon Kerendang, nama ilmiahnya Carissa carandas, termasuk suku Apocynaceae, yaitu tumbuh-tumbuhan dengan ciri khas bergetah putih. Buah kerendang yang sudah masak dan hitam pekat warnanya enak dimakan langsung setelah dicuci bersih dari getahnya yang putih seperti susu, lalu direndam sebentar dalam larutan garam. Bagian dalam buah sangat juicy, dengan rasa asam manis yang segar. Tetapi jika masih merah warnanya, rasanya asam dan agak kelat.

Pohon kerendang tampak sangat cantik bila sedang berbuah lebat. Daunnya yang bundar lonjong kecil-kecil berwarna hijau pekat tampak sangat indah berhiaskan buah-buahnya yang berwarna merah muda, shocking pink sampai merah tua kehitaman. Apa lagi ditambah dengan bunganya yang berwarna putih kecil-kecil. Tampak seperti pohon hiasan yang sangat cantik.

Karakterisasi pohon kerendang: Tanaman perdu berkayu memiliki tinggi 1,5 –5 m, batang berbentuk silinder dengan kulit batang berwarna ungu gelap dan jumlah anakan mencapai 7. Daun kerendang memiliki panjang daun 2,5-7,5 cm, lebar 1,5 – 5 cm. Daunnya bundar telur berwarna hijau tua, permukaan atas daun mengkilap, sedangkan permukaan bawahnya berwarna hijau muda dan agak buram. Bunga kecil-kecil panjang 3 cm, diameter 2 cm. Mahkota berwarna putih, sedangkan kelopaknya berwarna merah muda, agak berbau harum.

Dengan potensi yang luar biasa dan masih perlu untuk digali, semoga kerendang bisa menjadi buah kebanggaan warga Jakarta.