JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Jakarta menghadirkan peneliti budidaya dalam kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Penyuluh Wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur yang bertempat di BPP Cibubur, pada tanggal 17 Oktober 2019. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam rangka Pemanfaatan Pekarangan dan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga untuk Pupuk dalam mendukung kegiatan pertanian perkotaan khususnya di wilayah kota administrasi Jakarta Timur.

Peserta pelatihan merupakan masyarakat wilayah kota administrasi Jakarta Timur yang mewakili masing-masing kelurahan dari hasil Musrenbang. Dalam kegiatan tersebut, peneliti BPTP Jakarta, Ikrarwati, SP., M.Si. menyampaikan materi yang terkait strategi budidaya yang dapat diterapkan pada lahan sempit khususnya di wilayah perkotaan.

Strategi budidaya di lahan pekarangan membutuhkan strategi diantaranya adalah 1) budidaya secara vertikal dengan, wallgardening pot, kantung sepatu; 2) hidroponik dan aquaponik; 3) pemanfaatan limbah organik sebagai kompos maupun pupuk organik cair; 4) efisiensi irigasi; 5) penggunaan biopestisida; 6) dan pemanfaatan teknologi untuk mendapatkan informasi

Materi yang menjadi topik khusus dalam pembuatan kompos yaitu teknologi vermikompos. Teknologi vermikompos merupakan proses pengomposan dengan menggunakan cacing. Pupuk kompos yang dihasilkan dari teknologi tersebut dapat menurunkan kadar logam berat dalam tanah. Tahapan dalam proses pembuatan vermikompos yang menjadi kunci keberhasilan dari teknologi tersebut yaitu penggunaan bahan dasar dan pemberian limbah yang tidak boleh diberikan.

Penggunaan bahan dasar yang perlu diperhatikan pada awal pembuatan vermikompos yaitu dengan menggunakan cacahan kertas atau dapat juga menggunakan pupuk kandang sapi agar cacing dapat beradaptasi dengan baik. Sedangkan bahan-bahan yang tidak boleh dimasukan diantaranya daging ayam, ikan, tulang atau bahan yg berlemak lainnya dan juga kulit jeruk yang dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan cacing yang digunakan.

Pemaparan teknologi dilanjutkan dengan sesi diskusi dan praktek agar peserta dapat memahami teknologi yang disampaikan dengan baik. Pemahaman yang baik akan mendorong minat masyarakat dalam memanfaatkan dan mengaplikasikan teknologi tersebut. Melalui kegiatan ini semoga pertanian perkotaan dapat terus berkembang dan bekelanjutan.

BPTP Jakarta akan selalu hadir untuk mendukung kegiatan pertanian perkotaan di Provinsi DKI Jakarta.