JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta - Dalam rangka Kegiatan Pertanian Perkotaan Tingkat Kota Jakarta Timur, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Timur, melaksanakan pembinaan salah satunya di BPP Ujung Menteng, Jl. Irigasi Komplek Perikanan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur pada hari Senin-Selasa tanggal 14-15 Oktober 2019. Hadir pada kegiatan tersebut bapak-bapak dan ibu-ibu yang aktif sebagai penggerak kegiatan di masyarakat dari berbagai kecamatan yang termasuk dalam wilayah kerja BPP Ujung Menteng.

Acara diawali oleh arahan dari Bu Kanti, Kasi Ketahanan Pangan Sudin Jaktim. Materi Pertanian Perkotaan pada masing-masing hari dibawakan oleh Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta mulai dari inovasi teknologi pertanian di lahan sempit yang membidik kota-kota besar hingga teknologi kompos dan pengomposan pada hari Senin dibawakan dengan santai dan lugas oleh Dr. Indarti Puji Lestari, SP, M.Si., sedangkan materi pada hari Selasa dibawakan dengan apik dan energik oleh Lukman Hakim S.Si, M.Sc sehingga para peserta juga ikut antusias dalam menerima materi. Selanjutnya materi selanjutnya adalah Hidroponik yang disampaikan secara detail oleh Nana Suganda (Praktisi Hidroponik)

Setelah penyampaian teori, selanjutnya para peserta dibagi dua kelompok untuk mendapatkan praktik tentang pengomposan dan hidroponik yang dipandu oleh Yosep Padilah dan Winarto. Masing-masing kelompok juga antusias dalam menerima praktik langsung dalam hal pengolahan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik cair dan juga pupuk padat dengan memanfaatkan cacing.

Disamping itu para peserta juga diajari untuk membuat lubang pada pipa paralon untuk hidroponik serta membuat lubang kecil pada rockwool untuk memasukkan benih tanaman. Setelah acara selesai, para peserta diberikan bibit bayam dan kangkung oleh panitia acara.

Diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan pertanian perkotaan secara keseluruhan.