JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta ---  15 Oktober 2019,  Dalam rangka mendukung pemenuhan gizi masyarakat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal salah satunya adalah dengan membudidayakan ternak kelinci, maka BPTP Jakarta sejak bulan Juni 2019 telah melakukan Pengkajian Produktivitas Kelinci Pedaging Hyla, Hycole, dan Rex di Kelompok Tani Mustika Kelurahan Kramatjati, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur.

Pada kegiatan ini dibudidayakan 3 jenis kelinci yang terdiri dari 10 ekor kelinci betina dan 2 ekor kelinci jantan Hyla,  10 ekor kelinci betina dan 2 ekor kelinci jantan Hycole, serta 10 ekor kelinci betina dan 2 ekor kelinci jantan Rex.

Ciri khas kelinci Hyla warna putih tetapi ada bercak hitam kecoklatan dibagian hidung dan telinga. Kelinci Hycole badan berwarna putih dengan bagian kepala lonjong ke depan, sedangkan kelinci Rex warna bisa hitam, putih, atau coklat dengan bulu halus dan tebal. Kelinci Hyla  turunan dari Cina,  Hycole turunan dari Perancis sedangkan kelinci Rex terseleksi dari Balai Penelitian Ternak Ciawi.

Pemberian pakan kelinci dalam bentuk pellet diselingi dengan pemberian hijauan berupa rumput odot, daun indigofera, dan daun ubi. Hingga bulan Oktober 2019 kelinci Hyla, Hycole, dan Rex telah menghasilkan anak sebanyak 35 ekor Kelinci.