JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Depok – Dalam rangka mendukung Kementan menjadi Badan Publik Informatif, BPTP Jakarta hadir dalam kegiatan Rakor PPID Tahun 2019 di The Margo Hotel Depok.

Selama sembilan tahun pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Kementerian Pertanian masih dijumpai beberapa kendala. Sebagai salah satu antisipasi dalam pemecahan permasalahan tersebut, Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik Kementan menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Kementan.

Pelaksanaan Rakor PPID, secara tidak langsung mendorong koordinasi dan sosialisasi internal UK/UPT terkait pengelolaan dokumen informasi publik. Pada Rakor, PPID lingkup Kementan saling bertukar informasi, khususnya terkait pengelolaan informasi publik.

Dalam sambutannya, Ka Biro Humas dan Informasi Publik, Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr., Ph.D, menyampaikan bahwa Kementan melakukan pemeringkatan keterbukaan informasi publik bukan dalam rangka punishment, tetapi sebaliknya sebagai bentuk pembinaan. Tiga hal yang dinilai dalam pemeringkatan tersebut dilihat dari pengelolaan website unit kerja, Portal PPID, serta komitmen pimpinan. Hasil dari pemeringkatan ini diperoleh pemetaan KIP lingkup Kementan, dimana terjadi perubahan secara signifikan dan kompetitif.

Lebih lanjut, Ka Biro Humas dan IP menegaskan hal yang perlu ditingkatkan ke depan adalah peningkatan komitmen dari pimpinan. Komitmen dari pimpinan sendiri merupakan tolak ukur dari keberhasilan layanan informasi publik.

Rakor yang dilaksanakan pada Selasa (1/10/19) tersebut mengangkat tema “Penguatan Pengelolaan Pelayanan Informasi Publik Selangkah Menjadi Badan Publik Informatif”. Materi yang dibahas dalam Rakor adalah pengelolaan dan pelayanan informasi publik yang disampaikan langsung oleh Komisioner Komisi Informasi. Dalam Rakor juga dibahas mengenai penyelesaian sengketa informasi publik oleh Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat. Sementara untuk peningkatan kompetensi PPID, disampaikan materi mengenai hypnotic perssuasive communication skill for public services oleh The Most Institute.

Dalam pengelolaan informasi publik, SDM menjadi aset yang termahal dibalik organisasi PPID yang kuat. Peningkatan SDM menjadi bagian terpenting dalam pengelolaan informasi publik di lingkup Kementan. Melalui Rakor, diharapkan peningkatan kompetensi PPID dapat tercapai.