JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Dalam rangka menunjang diseminasi teknologi pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta  mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Penyuluh di Provinsi DKI Jakarta pada Tanggal 29 Agustus 2019. 

Hadir dalam Bimbingan Teknis kali ini Plh. Kepala BPTP Jakarta, Peneliti, Penyuluh dan Staf  BPTP Jakarta, Kasatlak, Penyuluh Pertanian dan THL PP lingkup Provinsi DKI Jakarta dan Penyuluh Swadaya.

Dalam sambutanya Plh. Kepala BPTP Jakarta, Syarifah Aminah, SP., M.Si menyampaikan bahwa cabai merah dan bawang merah merupakan bagian dari komoditas strategis Kementerian Pertanian. Meskipun Provinsi DKI bukan merupakan sentra produksi cabai merah dan bawang merah namun Provinsi DKI Jakarta merupkan pasar bagi komoditas tersebut. Oleh karena itu cabai merah dan bawang merah harus tetap kita kawal. Dalam rangka hilirisasi inovasi teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian maka kita perlu mengetahui olahan apa saja yang bisa kita buat dari cabai merah dan bawang merah.

Lebih lanjut,  Plh. Kepala BPTP Jakarta menambahkan harapannya sesudah kita mengetahui dan memahami teknologi pengolahan cabai merah dan bawang merah, kita dapat meneruskan informasi tersebut ke masyarakat.

Narasumber Bimbingan Teknis kali ini adalah Ir. Sunarmani, MS (Peneliti Utama dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian dengan Bidang Keahlian Teknologi Pascapanen).  Materi pertama yang disampaikan adalah Teknologi Pengolahan Cabai. Cabai merupakan komoditas hortikultura yang mudah rusak dan berdaya simpan rendah sehingga harus segera dikonsumsi atau diolah menjadi produk olahan yang berdaya simpan lebih lama. Cabai dapat diolah menjadi cabai utuh kering, cabai blok, bubuk cabai, minyak cabai, cabai giling (pasta cabai), saos cabai, permen cabai, manisan cabai, dodol cabai.

Materi selanjutnya adalah Teknologi Produksi Minyak Bawang Merah, Bawang Merah Goreng dan Pasta Bawang Merah. Harga bawang merah sangat fluktuatif, sering terjadi ketidakseimbangan antara pasokan dan kebutuhan sehingga sering terjadi kelangkaan bawang merah. Salah satu solusi untuk mengatasi kelangkaan dan fluktuasi harga adalah membuat produk olahan bawang merang. Bawang merah dapat diolah menjadi minyak bawang goreng, bawang merah goreng dan pasta bawang merah. 

Di akhir acara Bimbingan Teknis peserta juga dilatih membuat berbagai olahan cabai merah dan bawang merah.