JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Rabu (28/08/19),  Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengkajian “Hidroponik Pascapanen Sayuran”, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta melakukan panen sayuran pokcoy di Kelompok Tani Anyelir yang beralamat di RW. 05 Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramat jati, Jakarta Timur.

Acara panen ini dihadiri oleh Bapak Badrudin, S.Sos (Lurah Batu  Ampar), Ibu Syarifah Aminah, SP., M.Si (Plh. Kepala BPTP Jakarta), Ibu Rini Indriati (Kasatlak Sudin KPKP Jakarta Timur), Bapak M. Hardjan (Pengurus RW 05),  Ibu Suwijining Putri Rahayu (PPL Kecamatan Kramat Jati),  Peneliti, Penyuluh dan Teknisi BPTP Jakarta serta Ketua dan Anggota Kelompok Tani Anyelir.

Kegiatan diawali dengan sosialisasi kegiatan Hidroponik Pascapanen Sayuran. Materi yang disampaikan adalah penanganan pascapanen sayuran hidroponik, khususnya yang berkaitan dengan penyimpanan dan pengemasan yang disampaikan oleh Bapak Budiyantoro, S.TP, M.Sc (Peneliti BPTP Jakarta). Selesai sosialisasi kemudian dilanjutkan panen pakcoy.Sayuran pakcoy yang dipanen merupakan hasil budidaya secara aquaponik menggunakan talang dengan nutrisi yang berasal dari budidaya ikan lele (vertiminaponik).

Para peserta sangat antusias melakukan panen pakcoy kali ini. Jumlah unit aquaponik yang dipanen sebanyak 1 unit dengan 14 buah talang per-unitnya. Total sayuran pakcoy yang di panen sebanyak 9 kg dan rata-rata berat 1 bongol sayuran pokcoy sekitar 70 gram. Keunggulan budidaya sayuran secara aquaponik selain kaya akan nutrisi juga bebas pupuk dan pestisida kimia sehingga baik untuk kesehatan. Pupuk berasal dari kotoran dan sisa pakan ikan. Tanaman tidak memerlukan pestisida kimia karena hama dan penyakit yang menyerang tanaman tidak banyak dan masih bisa ditangani dengan mekanik atau manual.

Setelah panen kemudian dilakukan pemilihan sayuran pakcoy yang seragam ukurannya serta membuang bagian daun yang kuning dan layu. Sayuran pakcoy yang sudah disortasi selanjutnya akan dijadikan sampel untuk berbagai uji penyimpanan dan pengemasan. Bahan kemasan yang digunakan untuk pengujian adalah plastik PE, plastik PP, wrapping plastik dan kertas koran dan disimpan di suhu ruang dan kulkas. Pengujian akan dilakukan di Laboratorium Pascapanen BPTP Jakarta.  Sayuran pakcoy yang dipanen sebagian langsung diolah oleh Kelompok Tani Anyelir menjadi smooties pakcoy. Smooties pakcoy merupakan salah satu produk olahan pakcoy yang dapat meningkatkan nilai jual pakcoy.