JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta (21/08/2019) -- Suku Dinas KPKP kota administratif Jakarta Selatan melaksanakan rangkaian kegiatan pelatihan diversifikasi olahan hasil pertanian. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat kali selama bulan Agustus sampai dengan September. Pada pelatihan ini peserta mendapatkan materi mengenai jaminan halal produk olahan pertanian,  praktik pengolahan jahe instan dan materi pengemasan produk olahan hasil pertanian serta mendapatkan pengetahuan tentang pengemasan untuk meningkatkan nilai tambah produk.

Materi pengemasan akan disampaikan oleh tim peneliti pascapanen BPTP Jakarta secara bergantian selama rangkaian kegiatan.  Pada kesempatan pertama Muflihani Yanis, SP, M.Si (Peneliti Pasca Panen BPTP Jakarta) menyampaikan materi tentang pengemasan. Fungsi, tujuan dan berbagai jenis macam tipe dan bahan serta contoh pengemasan diulas secara singkat dan jelas.

Peserta sangat antusias dan interaktif dalam penyampaian materi pengemasan. Contoh kasus kerusakan produk pangan,  pemilihan bahan pengemas menambah pengetahuan peserta dalam mengemas produk pangan. Bahan pengemasan yang biasa digunakan oleh peserta adalah plastik baik berupa plastik biasa atau botol. Cara sterilisasi dan pengemasan produk dengan cara hot filling disampaikan ke peserta disertai dengan studi kasus. Komponen komponen yang harus atau paling tidak ada dalam kemasan disampaikan dengan jelas untuk meningkatkan nilai tambah produk.  Kegiatan pelatihan diakhiri dengan pelatihan pembuatan instant jahe yang disampaikan oleh ibu Suyanti.  

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan menambah pengetahuan dan sebagai syarat dalam program pengembangan kewirausahaan terpadu pemerintah propinsi DKI Jakarta.