JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta – Ada yang spesial di Hari Pramuka tahun ini. Pada hari yang sama, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta menggelar Festival Pangan Jakarta 2019. Kegiatan yang dilaksanakan pada 14-16 Agustus 2019 di Pasaraya Blok M, dimeriahkan pula oleh 500 pelajar sekolah dasar berseragam pramuka dari DKI Jakarta untuk mengikuti Kampanye Gerakan Minum Susu dalam pembukaan festival.

Festival Pangan ini diikuti sebanyak 60 stan yang terdiri dari para pelaku usaha pangan yang tergabung program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu. Peserta festival terdiri dari instansi pemerintah pusat dan daerah, BUMN dan BUMD di bidang pangan, perusahaan-perusahaan swasta, perguruan tinggi dan sekolah menengah kejuruan, serta masyarakat kelompok binaan dan PKK.

Kepala Dinas KPKP Prov. DKI Jakarta Darjamuni mengatakan Festival Pangan Jakarta 2019 merupakan kegiatan yang pertama dilaksanakan Pemprov DKI Jakarta dengan tema 'Pangan Aman, Kite Nyaman’. Salah satu tujuannya adalah menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang potensi pengembangan pangan di Jakarta.

Pada acara pembukaan, diserahkan Sertifikat Keamanan Pangan sebagai bentuk apresiasi dari Dinas KPKP Prov. DKI Jakarta terhadap pelaku yang telah konsisten menjaga keamanan produk pangan. Penerima Sertifikat Keamanan Pangan adalah Perum Pasar Jaya, PT. Food Station, PT. Lotte Mart, PT. Trans Retail Carrefour, PT. Giant, PT. Lulu Hypermart, PT. Lion Superindo, PT. Matahari Putra Prima, Dinas Koperasi, UMKM serta Perdagangan Prov. DKI Jakarta.

Stan Pertanian Perkotaan khas BPTP Jakarta selalu menarik peminat pengunjung. Animo masyarakat untuk melakukan pertanian perkotaan terlihat dari antusiasme dan pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan. Mulai dari cara berbudidaya, tempat memperoleh bibit, hingga mengolah produk pangan. Profesi pengunjung stan BPTP Jakarta sangat beragam, mulai dari pelajar sekolah dasar hingga pekerja professional. Beberapa teknologi pertanian perkotaan yang dikenalkan pada stan BPTP Jakarta adalah hidroponik sederhana, budidaya tanaman sistem vertikultur, budidaya microgreen, teknologi olahan pangan seperti smoothie sayuran,  olahan kelor, pasta bawang merah, bawang merah bubuk, dan minuman fungsional Roseja (rosella dan jahe).

Keamanan pangan dapat dimulai dari keluarga. Jadi, yuk kita mulai menyediakan produk pangan yang sehat hasil dari pekarangan sendiri melalui teknologi pertanian perkotaan.