JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Dalam rangka menunjang diseminasi teknologi pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta  mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Penyuluh di Provinsi DKI Jakarta pada Tanggal 24 Juli 2019.  Hadir dalam Bimbingan Teknis kali ini Kepala BPTP Jakarta, Peneliti dan Penyuluh BPTP Jakarta, Penyuluh Pertanian dan THL PP lingkup Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutanya Kepala BPTP Jakarta, Dr. Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari, M.Si menyampaikan melalui kegiatan ini diharapkan Penyuluh di DKI Jakarta dapat memanfaatkan teknologi informasi yang ada ketika melakukan kegiatan penyuluhan di lapangan. Penyuluh Lapangan diharapkan juga menggunakan teknologi informasi terkini dalam pembuatan media penyuluhan. Tulang punggung pembangunan pertanian adalah petani, sehingga setiap penyuluh pertanian harus berpikir bagaimana cara agar setiap inovasi pertanian yang dihasilkan Badan Penelitan dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.  

Narasumber Bimbingan Teknis kali ini adalah Ir. Sri Puji Rahayu, MM, Wellyana Sitanggang, SP, M.Si dan Ir. Sumardi dari Pusat Penyuluhan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP). Materi pertama yang disampaikan adalah Strategi Peningkatan Kelas Kemampuan Kelas Kelompok Tani dan Pertanian, kemudian dilanjutkan dengan materi Peningkatan Kapasitas Penyuluh Berbasis Teknologi  Informasi dan Komunikasi.  Pada akhir acara Bimbingan Teknis peserta juga dilatih membuat media penyuluhan dalam bentuk video dengan menggunakan smartphone. Aplikasi yang digunakan adalah PowerDirector yang dapat diunduh secara gratis di Google Play.