JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Dalam rangka mendukung kegiatan Analisis Kebijakan Pembangunan  Pertanian Perkotaan di Provinsi DKI Jakarta, maka pada hari Kamis 11 Juli 2019, tim BPTP Jakarta  berkesempatan mengunjungi kelompok tani Mina Lestari, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat untuk berdialog dengan Ketua Poktan Mina Lestari ibu Erni mengenai keberlanjutan bertanam sayuran hidroponik. Adapun jenis sayuran hidroponik yang ditanam yaitu bayam, kangkung, slada, pakcoy dan samhong.

Selain tanaman hidroponik terdapat juga tanaman terong, cabe, bawang merah, belimbing, sawo, dan jeruk nipis yang ditanam dalam pot dan polybag. Kegiatan urban farming yang ada telah memberikan banyak manfaat selain memenuhi kebutuhan sayuran anggota kelompok, juga menambah keasrian lingkungan, serta mempererat hubungan kekeluargaan masyarakat disekitar kebun.

Kunjungan berikutnya Tim Anjak menuju Poktan BKB (Banjir Kanal Barat) yang berlokasi di bantaran sungai Banjir Kanal Barat Kelurahan Petamburan I, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat untuk berdialog dengan Bapak Andi ketua Poktan dan Bapak Subur salah satu anggotanya. Sepanjang bantaran sungai Banjir Kanal Barat ditanami kacang panjang, timun dan beberapa komoditas sayuran serta buah-buahanl ainnya.  Hasil panen yang diperoleh biasanya dijual ke Pasar Tanah Abang Blok B dan Pasar Inpres Jakarta Pusat. Selain kacang panjang dan timun ditanam juga pohon kelapa bonsai dan pohon jambu kristal dalam pot dan polybag. Semoga Poktan Mina Lestari dan Poktan BKB tetap eksis sebagai salah satu motor penggerak kegiatan urban farming di Jakarta Pusat.