JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Kelompoktani Kandang Besar Makmur di Kecamatan Ujung Menteng, Jakarta Timur dilibatkan dalam kaji terap pengembangan budidaya bawang merah varietas Bima. 


Petani binaan BPTP Jakarta tersebut kali pertama memanen bawang merah pada demplot seluas 400 meter persegi, dimana sebelumnya anggota Poktan Kandang Besar Makmur melakukan budidaya sayuran daun dataran rendah seperti kangkung, bayam, sawi dan katuk, Jumat, 5 Juli 2019.

Kendala yang dihadapi Poktan Kandang Besar Makmur dalam membudidayakan bawang adalah jenis tanah yang digunakan sebagai lokasi demplot adalah tanah vertisol dengan tingkat kesuburan yang cukup rendah sehingga diawal pengolahan lahan perlu diperbanyak pemberian bahan organik seperti pupuk kandang untuk memperbaiki struktur tanah.

Dengan pendampingan intensif dari BPTP Jakarta dan Sudin KPKP Jakarta Timur, dari lahan demplot seluas 400 meter persegi diperoleh hasil panen sebanyak 140 kg. Dengan harga jual ditingkat petani sebesar Rp. 40.000/kg. Selanjutnya bawang merah tersebut akan dipergunakan sebagai bawang konsumsi. Petani juga membibitkan bawang merah untuk ditanam pada musim tanam berikutnya, dari luasan lahan pembibitan bawang 55 meter persegi, berpotensi menghasilkan bibit 20 kg.