JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengkajian “Hidroponik Pascapanen Sayuran”, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta melakukan panen sayuran pokcoy di Kelompok Tani Sehati, Kecamatan Menteng , Jakarta Pusat. Acara panen ini dihadiri oleh Kasatlak Sudin KPKP Jakarta Pusat yaitu ibu Siti Marwah Hamid, PPL Kecamatan Menteng Bapak Teguh Kurniawan, Penyuluh Sudin KPKP Jakarta Pusat Bapak Sapto dan Bapak Burhani, Staf PJLP KPKP, anggota PKK Pokja III Kelurahan Cikini dan anggota PKK Pokja III Kecamatan Menteng. Sedangkan BPTP Jakarta diwakili oleh Dr. Waryat selaku penanggung jawab kegiatan, tim lainnya yaitu Muflihani Yanis, M.Si, Yossi Handayani, S.TP, dan Budiantoto, S.TP, Yosep Padillah. Pada kegiatan panen sayuran pakcoy ini orang yang paling berperan adalah Bapak Agus yang merupakan Champion Kelompok Tani Sehati, karena beliau yang sudah menjaga dan merawat tanaman dengan baik.

Sayuran pakcoy yang dipanen merupakan hasil budidaya secara aquaponik menggunakan talang dengan nutrisi yang berasal dari budidaya ikan lele (Vertiminaponik). Jumlah unit aquaponik yang dipanen sebanyak 2 unit dengan 16 buah talang per-unitnya. Total sayuran pakcoy yang di panen sebanyak 18.4 kg dimana rata-rata berat 1 bongol sayuran pokcoy sekitar 70 – 100 gram. Para peserta cukup antusias melakukan panen ini, dimana keunggulan sayuran pakcoy secara aquaponik selain kaya akan nutrisi juga bebas pestisida sehingga baik untuk kesehatan.

Rangkaian pelaksanaan kegiatan setelah panen adalah pemilihan sayuran pakcoy yang seragam ukurannya serta mensortasi bagian daun yang kuning dan layu. sayuran pokcoy yang seragam selanjutnya dijadikan akan dijadikan sampel untuk perlakuan penyimpanan dan pengemasan yang akan dilakukan di Laboratorium Pascapanen BPTP Jakarta. Sayuran Pakcoy yang ukurannya tidak masuk kiriteria sampel perlakuan oleh ibu – ibu PKK diolah menjadi smooties pokcoy.