JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Pertanian perkotaan (urban farming) menjadi icon yang unik dan menarik di DKI Jakarta. Pemanfaatan lahan dan sumberdaya yang terbatas untuk kegiatan budidaya tentunya membutuhkan strategi tersendiri. Bagian dari strategi tersebut adalah penggunaan teknologi yang inovatif.

Daya tarik Pertanian Perkotaan ini membuat UIN Syarif Hidayatullah mengikuti Pelatihan Pertanian Perkotaan di BPTP Jakarta pada Kamis, 7 Juli 2019. Pelatihan yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari UIN Syarif Hidayatullah serta mahasiswa Untirta ini dibuka oleh Ir. Wahyu Suryawati, M.Si mewakili Plt. BPTP Jakarta.

Ikrarwati, SP., M.Si selaku narasumber menyampaikan Pertanian Perkotaan tidak hanya berkutat pada budidaya tanaman atau ternak saja, tetapi mencapai lingkup pengolahan pasca panen dan pemasaran. Semua bagian tersebut merupakan satu kesatuan yang harus saling bersinergi. Teknologi yang disampaikan pada pelatihan ini meliputi teknologi pemanfaatan ruang terbatas dengan vertikultur, sistem pot, roof garden; teknologi budidaya yang efisien melalui hidroponik, aquaponik, tugiman dan turiman; teknologi penyediaan bahan organik melalui vermikomposting; dan pemilihan produk atau komoditas bernilai ekonomis tinggi seperti microgreen.

Pelatihan Pertanian Perkotaan yang dilakukan tidak hanya materi, tetapi juga praktek. Affan Rafandi, SP, Ir. Yogawati, Ir. Wahyu Suryawati, M.Si, dan M. Nur, Amd memandu praktek yang meliputi budidaya secara konvensional maupun hidroponik. Peserta pelatihan juga mengunjungi areal kantor untuk melihat langsung display teknologi yang ada.

Semoga pelatihan ini bermanfaat, memberi warna pada pertanian perkotaan di Ibu kota tercinta, melahirkan para enterpreneur baru di bidang pertanian.