JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian pada Tahun 2019 melakukan Kegiatan Pendampingan Strategis Pengembangan Komoditas Utama Kementerian Pertanian.  Sehubungan dengan kegiatan tersebut maka, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta bekerjasama dengan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Barat melakukan pendampingan komoditas padi di Kelompok Tani Jawa Indah, Semanan, Kalideras. Varietas padi yang ditanam pada lahan seluas 1 ha adalah Inpari 30, 32, 33 dan 42 dengan komponen teknologi Jarwo Super. Sistem tanam jajar legowo 2 : 1 (12,5 x 25) x 50 cm. Pestisida yang digunakan adalah Bioprotector dan pupuk yang digunakan adalah pupuk hayati.

Salah satu masalah yang dihadapi petani ketika melakukan budidaya tanaman padi adalah pengendalian hama penyakit khususnya tikus dan burung. Oleh karena itu Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta bekerjasama dengan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Barat pada Tanggal 27 Juni 2019 mengadakan Bimbingan Teknis Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Padi di Kelompok Tani Jawa Indah, Semanan, Kalideras. Dalam sambutannya Kepala BPTP Jakarta yang diwakili oleh Syarifah Aminah, SP, M.Si manyampaikan Bimbingan Teknis pengendalian hama tikus dan burung baru kali ini dilakukan di Jakarta Barat dan harapannya setelah mengikuti Bimbingan Teknis ini, pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dapat diterapkan oleh petani di wilayah Jakarta Barat.

Narasumber pada Bimbingan Teknis kali ini adalah Dr. Agus Wahyana Anggara, S.Si, M.Si (Kepala Bidang Kerjasama Pendayagunaan Hasil Penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan) yang menyampaikan materi Pengendalian Hama Tikus dan Burung. Solusi yang diberikan untuk pengendalian tikus adalah teknik TBS (Trap Barrier System) atau Sistem Bubu Perangkap dan LTBS (Linear Trap Barrier System) berupa bentangan pagar plastik setinggi 60 – 70 cm sepanjang minimal 100 m. Teknik ini mampu menangkap banyak tikus sawah secara terus menerus selama musim tanam (mulai dari penanaman sampai panen). Peserta Bimbingan Teknis juga diajak untuk membuat secara langsung TBS (Trap Barrier System).

Untuk hama burung, beliau menyampaikan meskipun hama burung dibeberapa sentra padi sering menimbulkan masalah belum dianggap sebagai hama serius. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengendalikan hama burung adalah tanam serentak, varietas yang digunakan berdaun bendera tegak, menggunakan benang atau tabela pada saat persemaian, menghalau burung pagi dan sore dan untuk skala kecil dapat menggunakan jaring. Ada beberapa alat yang dapat digunakan untuk menakuti/menghalau burung yaitu umbul-umbul, bendera, orang-orangan, bunyi-bunyian, pita hologram, patung predator, suara usir dan balon/layang-layang pengusir.

Bimbingan Teknis Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Padi dihadiri oleh Peneliti dan Penyuluh BPTP Jakarta, Penyuluh dan POPT Wilayah Jakarta Barat, POPT Wilayah Jakarta Utara, Kasatlak Kecamatan Kalideres, Kelompok Tani Jawa Indah dan Kelompok Tani Karya Indah.