JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta turut berperan serta pada kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Barat dengan tema “Pelatihan Pertanian Perkotaan dalam Rangka Kegiatan Pengembangan Pertanian Perkotaan (urban Farming)”. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di RPTRA Kalijodo Jakarta Barat dan dihadiri oleh perwakilan dari 11 kelurahan di wilayah tersebut.

Dr. Ana Feronika, SP., MSi selaku narasumber dari BPTP Jakarta menyampaikan materi “Budidaya Sayuran di Perkotaan”. Dikupas pada materi ini tentang permasalahan pada kegiatan budidaya pertanian di perkotaan yaitu keterbatasan lahan, sarana produksi, serta manajemen pemeliharaan. Solusi yang ditawarkan untuk kondisi tersebut adalah pemanfaatan lahan secara efisien yaitu dengan memanfaatkan pekarangan yang memungkinkan yaitu rooftop (bertanam di atap), wall gardening (bertanam di dinnding vertikal) dan pemanfaatan ruang terbuka hijau seperti RPTRA/lahan tidur.

Efisien dalam penggunaan lahan dapat menggunakan metoda budidaya sistem pot dan vertikultur. Tahapan budidaya yang harus dilakukan adalah sebagai berikut: 1) Persiapan lahan atau media tanam, 2) Pemilihan benih, 3) Penyemaian, 4) Penanaman/Pindah tanam, 5) Pemeliharaan, melingkupi penyiraman, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit. Sesi praktek yang diisi oleh Yosep Fadilah, SP. ditunjukkan tehnik budidaya sayuran secara konvensional dan hidroponik. Sesi praktek menyajikan secara gamblang penerapan teori yang telah disampaikan pada sesi sebelumnya.

Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan ketrampilan warga dalam melakukan kegiatan budidaya sayuran secara konvensional dan hidroponik di lahan terbatas, serta membangun minat berwirausaha di bidang pertanian.