JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta - Semakin sempitnya pekarangan untuk bertanam di perkotaan wilayah Jakarta, menggelitik ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Unit Pelaksana Setmen dan Kedeputian Kemensetneg   mengadakan   Pelatihan  “ Bertanam Hidroponik Sederhana ”. BPTP Jakarta, sebagai  intitusi  penyedia teknologi ikut mengambil peran  sebagai  narasumber  untuk  memberikan  informasi tentang  teknologi dengan pertanian perkotaan, salah satunya adalah  hidroponik.   Kegiatan  pelatihan  tersebut  diikuti  oleh  kurang  lebih  80 peserta  DWP, yang dilaksanakan di Aula Serbaguna  Kemenstneg , Gedung  III,  lantai 1.   Jln.   Veteran No. 18, Jakarta.

Mengawali acara yang dilaksanakan pada tanggal 23 April 2019,  Ibu Dina Cecep selaku Ketua DWP UP Setmen dan Kedeputian Kemensetneg menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan bekal ilmu dan ketrampilan untuk  bertanam  sistim  hidroponik yang  sederhana  yang bisa dilakukan di pekarangan rumah masing-masing ibu-ibu DWP.   Ir Emi Sugiartini, M.P.  selaku peneliti  budidaya  BPTP Jakarta,  memaparkan teknologi  pertanian  yang cocok untuk diterapkan  di perkotaan.   Dengan latar belakang  lahan yang terbatas,  salah  satu teknologi  budidaya  yang bisa dilakukan adalah  teknik hidroponik. Satu persatu tahapan  bertanam secara hidroponik disampaikan,  mulai dari semai, pindah tanam, penanaman sampai  waktu   panen, selain itu  juga disampaikan  beberapa contoh budidaya sistem hidroponik yang bisa  dilakukan.   Setelah pemaparan materi, kegiatan pelatihan  dilanjutkan dengan praktek  hidroponik secara sederhana. Praktek ini secara langsung  dipandu oleh Muhammad Nur, A.Md. Peserta dari  ibu-ibu  DWP,  tampak  antusias untuk megikuti  pelatihan, hal ini terlihat  dengan banyaknya  pertanyaan terkait dengan budidaya hidroponik.  Selain itu perserta  juga langsung mempraktekkan dengan menggunakan sarana di stater kit yang sudah dibagikan. Pemandu secara berkeliling  dari meja ke meja ikut membantu peserta  untuk  melakukan tahap demi tahap bagaimana cara bertanam secara hidroponik.

Sempitnya waktu yang tersedia dan masih banyaknya pertanyaan peserta pada diskusi, melalui pemandu acara,  narasumber  mempersilakan  peserta  untuk  dapat berkunjung atau berkonsultasi  ke BPTP  Jakarta,  sekaligus melihat langsung beberapa display teknologi pertanian yang  bisa diterapkan di perkotaan, khususnya di DKI Jakarta.  Dari pelatihan ini berharap semoga bermanfaat untuk mengoptimalkan pekarangan dan  menyediakan  kebutuhan pangan  yang  sehat  untuk  keluarga.