JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pulau Payung -- Mendung dipagi hari tak menyurutkan rencana anggota kelompok tani Pulau Payung Sejahtera untuk belajar membuat silase limbah jagung. Jumat, 5 April 2019, Tim Peternakan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta menggelar Bimbingan Teknis Pembuatan Silase Limbah Jagung. Bahan silase terdiri dari limbah tanaman jagung, baik daun maupun batang tanaman jagung, yang ditambah dengan bahan campuran berupa dedak, molase dan starter bakteri.

Pembuatan silase terutama bertujuan untuk memperpanjang masa simpan bahan pakan. Pada saat limbah jagung melimpah, diharapkan petani dapat memanfaatkannya dengan membuat silase. Sehingga pakan cadangan silase dapat diberikan saat terjadi kekurangan pakan.

Pemanfaatan limbah jagung menjadi silase pakan kambing dan pemanfaatan kotoran kambing sebagai pupuk tanaman jagung dan sayuran dalam suatu sistem pertanian terintegrasi, merupakan salah satu wujud nyata konsep pertanian zero waste yang dikembangkan BPTP Jakarta.

Dengan konsep pertanian zero waste, diharapkan input dapat dikurangi dengan memanfaatkan limbah yang ada sehingga lebih efisien sekaligus mengurangi pencemaran limbah pertanian.