JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Tanggerang -- Akuaponik yang merupakan salah satu modifikasi dari model hidroponik yang ramah lingkungan. Akuaponik merupakan kolaborasi antara hidroponik dan akuakultur, atau lebih sederhananya hidroponik yang memanfaatkan kotoran ikan sebagai sumber hara tanaman yang di budi dayakan. Dengan pengembangan akuaponik ini, bukan hanya tanaman yang dapat dipanen tetapi ikan juga dapat dikonsumsi dengan tetap memperhatikan keseimbangan populasi ikan dan tanamannya.

Akuaponik sebagai fokus pengkajian di tahun 2019, BPTP Jakarta melakukan kunjungan ke JIRIFarm yang berlokasi di Curug Kulon, Kabupaten Tangerang. Berawal dari usaha pabrik bingkai, owner JIRIFarm mengembangkan usahanya dan merambah ke hidroponik dan pertanian organik. Selain fokus pada usaha hidroponik, JIRIFarm juga mulai mengembangkan sistem akuaponik yang mengintegrasikan budi daya tanaman dan budi daya ikan. Ikan yang dipakai umumnya ikan yang dapat bertahan dengan baik pada kondisi suboptimum seperti Lele dan Nila.

Selain tanaman sayuran daun, sayuran buah juga dapat dikembangkan dengan sistem akuaponik ini tentu dengan tetap memperhaikan kebutuhan hara tanaman. Media tanam yang digunakan umumnya adalah hidroton, selain massa jenisnya ringan media tanam ini juga memiliki masa penggunaan yang lebih panjang. Sistem akuaponik sangat bervariasi ukuran dan modelnya, baik sistem aliran air, filter, ukuran kolam mulai dari yang sederhana sampai dengan yang kompleks.